Minggu, 28 April 2024

Asupan Vitamin D Penting untuk Cegah Keguguran hingga Bayi Prematur

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Berbagai macam makanan mengandung vitamin D yang baik untuk kesehatan tubuh. Foto: iStockPhoto

Dokter Damar Prasmusinto, SpOG, SubspesKFm(K) dari RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo menuturkan, asupan vitamin D bagi ibu hamil dapat mencegah keguguran berulang hingga bayi lahir prematur.

“Diketahui ternyata mereka yang kekurangan vitamin D itu lebih mudah terjadi keguguran berulang. Jadi mereka yang hamil kemudian gugur lagi lalu gugur lagi ternyata mereka kekurangan vitamin D,” ujar dokter spesialis kebidanan dan penyakit kandungan dilansir Antara pada Senin (8/1/2024).

Damar mengatakan, kekurangan vitamin D juga dapat berkontribusi pada kondisi serius seperti preeklamsia, yang dapat membahayakan nyawa ibu dan bayi.

Preeklamsia adalah peningkatan tekanan darah atau hipertensi pada ibu hamil, yang apabila kondisinya berat dapat memicu kejang hingga kematian.

Selain itu, ibu hamil yang kekurangan vitamin D juga berpotensi melahirkan bayi prematur dan mengalami komplikasi diabetes selama kehamilan.

“Jadi vitamin D ini manfaatnya banyak sekali ternyata. Tidak hanya untuk tulang saja, tetapi juga bisa mencegah terjadinya keguguran berulang. Bisa mencegah terjadinya preeklamsia, bisa mencegah persalinan prematur, dan juga bisa mencegah terjadinya diabetes gestasional,” kata Damar.

Lebih lanjut Damar mengatakan bahwa asupan vitamin D terbaik bagi ibu hamil berasal dari paparan cahaya matahari langsung. Di dalam kulit, kata dia, terdapat provitamin D yang dapat diubah menjadi vitamin D apabila terkena sinar matahari.

Selain sinar matahari, asupan vitamin D bagi ibu hamil juga bisa diperoleh dari makanan seperti ikan tuna, ikan salmon, susu dan produk olahannya, serta kuning telur.

“Cuma terkadang orang-orang pola makannya tidak bagus atau tidak sesuai dengan yang diharapkan jadi menggunakan jalan pintas seperti suplemen vitamin D,” ujar dia.

Damar menekankan pentingnya memastikan kecukupan vitamin D selama kehamilan untuk mendukung kesehatan ibu dan perkembangan optimal bayi. Dia menyebut bahwa vitamin D juga memberi dampak positif terhadap kecerdasan anak. (ant/saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
27o
Kurs