Kamis, 18 April 2024

Berikut Manfaat Buku Bacaan Literasi untuk Kecerdasan Anak

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi seorang ibu membaca dengan anak. Foto : Pixabay

Pendidikan untuk anak-anak tak hanya dilakukan di sekolah, tetapi juga di rumah. Salah satu cara yang bisa orang tua lakukan adalah memberikan buku bacaan literasi untuk anak-anak.

Buku bacaan literasi memang didesain khusus untuk membantu meningkatkan keterampilan literasi pembacanya. Misal, meningkatkan kemampuan memahami, menafsirkan, serta mengevaluasi suatu hal.

Melansir Antara pada Minggu (3/3/2024), buku bacaan literasi ini dapat mencakup berbagai genre, mulai dari fiksi hingga nonfiksi. Pun kerap memiliki fitur tambahan seperti pertanyaan pemahaman, aktivitas, dan panduan membaca yang membantu pembaca memperdalam pemahamannya tentang teks tersebut.

Jenis buku bacaan literasi ini dapat ditujukan untuk berbagai tingkatan usia, termasuk untuk anak-anak. Oleh karena itu, tak ada salahnya Anda memberikan buku bacaan literasi kepada anak sedari dini.

Buku bacaan literasi memiliki beragam manfaat untuk perkembangan anak, di antaranya:

1. Menstimulasi Kemampuan Bahasa
Dapat membantu anak memperkaya kosa kata mereka, memahami struktur kalimat yang benar, dan meningkatkan kemampuan berbicara serta menulis.

2. Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis
Dengan menghadirkan masalah-masalah yang kompleks, bacaan ini dapat membantu anak mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan menganalisis masalah dengan lebih baik.

3. Mendorong Kreativitas dan Imajinasi
Buku bacaan literasi sering kali menghadirkan cerita-cerita yang kaya akan imajinasi.

Alhasil, mampu mendorong anak-anak untuk menggunakan imajinasi dan mengembangkan kreativitas saat mereka membayangkan cerita-cerita yang sedang dibaca.

4. Memperluas Wawasan
Buku literasi sering menghadirkan berbagai tema, latar, dan karakter. Ini membantu anak-anak memperluas wawasan mereka tentang dunia di sekitar, memperkenalkannya pada budaya-budaya baru, dan membantu memahami perspektif orang lain.

5. Menumbuhkan Kebiasaan Membaca
Dengan membiasakan anak membaca buku bacaan literasi sejak dini, secara tidak langsung ini membuat mereka menjadikan membaca sebagai kebiasaannya.

Tentu saja, ini dapat membawa manfaat jangka panjang bagi anak dalam memperluas pengetahuan dan pemahamannya tentang dunia. (ant/azw/saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 18 April 2024
29o
Kurs