Senin, 24 Juni 2024

George Lucas Sebut Penggunaan AI dalam Pembuatan Film Tak Terhindarkan

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
George Lucas, kreator film Star Wars. Foto: IMDB

George Lucas, kreator film “Star Wars” mengatakan bahwa penggunaan teknologi kecerdasan buatan (AI) dalam proses pembuatan film adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari, di tengah perdebatan mengenai kehadiran teknologi tersebut di industri kreatif.

Saat ditanya pendapatnya mengenai pemanfaatan AI dalam pembuatan film saat diwawancara dengan Brut BR baru-baru ini, George memulai penjelasannya dengan bagaimana perusahaan efek visual buatannya yakni Industrial Light and Magic (ILM) mengubah teknologi sinematik.

George bercerita bahwa perusahaannya telah menggunakan berbagai teknologi digital dalam proses menggarap film selama 25 tahun. Menurutnya, hal itu menjadikannya sebagai pelopor penggunaan teknologi digital dalam industri perfilman karena saat itu hanya perusahaannya yang menerapkan digitalisasi dalam proses tersebut.

“Tapi masalahnya, itu (AI) tidak bisa dihindari. Maksudku, itu seperti mengatakan, ‘Aku tidak percaya mobil-mobil ini akan berfungsi. Mari kita tetap menggunakan kuda.’ dan ya, kamu bisa mengatakan itu, tapi bukan begitu cara dunia bekerja,” kata George dilansir dari IGN, Minggu.

Diketahui, pemanfaatan teknologi AI dalam pembuatan film menjadi topik kontroversial yang diperdebatkan oleh pelaku industri perfilman.

Persoalan AI juga menjadi salah satu poin utama dalam aksi pemogokan para penulis dan aktor Hollywood tahun lalu, di mana WGA dan SAG-AFTRA berhasil memenangkan beberapa perlindungan penting dari teknologi tersebut dalam negosiasi kontrak mereka.

Selain di industri perfilman, pemanfaatan AI juga telah menimbulkan perdebatan di bidang animasi. Namun, beberapa orang dalam industri ini mengambil sikap yang mirip dengan George, dan bukannya mencoba melawan AI, mereka mencoba menemukan cara etis untuk bekerja dengan teknologi tersebut.(ant/iss)

Berita Terkait

..
Surabaya
Senin, 24 Juni 2024
26o
Kurs