Sabtu, 27 April 2024

Intel Bentuk Articul8 untuk Fokus pada Perangkat Lunak AI

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Intel membentuk Articul8 AI (dieja sebagai "Articulate AI") yang berfokus pada upaya perangkat lunak kecerdasan buatan (AI). Foto: Intel

Intel mengumumkan pembentukan perusahaan baru yang fokus pada upaya perangkat lunak kecerdasan buatan (AI) dengan dukungan dari manajer aset berfokus digital, DigitalBridge Group, dan investor lainnya.

Entitas baru ini, yang tidak akan menjadi perusahaan publik dan akan diberi nama Articul8 AI (dieja sebagai “Articulate AI”), merupakan hasil dari kerja sama dalam teknologi AI korporat antara Intel dan Boston Consulting Group (BCG).

Dilansir dari Antara pada Kamis (4/1/2024), Intel menggunakan salah satu superkomputernya untuk mengembangkan sistem AI generatif yang dapat membaca teks dan gambar menggunakan kombinasi teknologi sumber terbuka dan teknologi internal yang dikembangkan oleh Intel.

Kemudian, Intel memodifikasi sistem tersebut agar dapat dijalankan di pusat data milik BCG untuk membantu mengatasi kekhawatiran privasi dan keamanan BCG.

Arun Subramaniyan, yang sebelumnya menjabat sebagai wakil presiden dan manajer umum di grup pusat data dan AI Intel, akan menjadi chief executive di Articul8.

Dia menyatakan bahwa banyak pelanggan potensial juga memiliki kekhawatiran serupa terkait dengan memberikan data mereka kepada perusahaan komputasi awan besar untuk keperluan AI.

Subramaniyan juga mengatakan bahwa pelanggan potensial khawatir tentang biaya yang tidak terkendali jika ribuan karyawan mereka mulai menggunakan sistem tersebut.

“Kami benar-benar berusaha untuk mengatasi kesenjangan terbesar dalam AI generatif saat ini, yaitu bahwa membangun bukti konsep itu mudah, tetapi membawa hal-hal ke tahap produksi dan melakukannya dengan aman dan berkelanjutan dari segi biaya benar-benar kurang,” ujar Subramaniyan dalam wawancara.

Selain DigitalBridge, yang terdaftar secara publik dan menjadi investor utama di pusat data, investor Articul8 lainnya termasuk Fin Capital, Mindset Ventures, Communitas Capital, GiantLeap Capital, GS Futures, dan Zain Group. (ant/saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
30o
Kurs