Selasa, 21 Mei 2024

Peringati 75 Tahun Hubungan Diplomatik, Konjen AS di Surabaya Hadirkan Drew Tucker & The New Standard Band

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Drew Tucker & The New Standard Band menyapa publik Kota Pahlawan lewat program Memorabilia Suara Surabaya, Jumat (10/5/2024). Foto: Dukut suarasurabaya.net

Kedutaan Besar AS menghadirkan Drew Tucker & The New Standard Band dalam rangka memperingati 75 tahun hubungan diplomatik antara Amerika Serikat dan Indonesia,

Kuintet dinamis yang berasal dari Florida ini akan menghiasi panggung Indonesia dengan perpaduan unik antara hip-hop, pop, dan jazz mulai 28 April hingga 12 Mei 2024.

Kegiatan yang terselenggara di bawah naungan program Utusan Seni Departemen Luar Negeri AS ini bertujuan untuk mendorong dialog dan kolaborasi antara masyarakat Indonesia dan Amerika.

Melalui serangkaian pertunjukan musik dan lokakarya pendidikan, yang menampilkan instrumen seperti vibraphone dan tuba, Drew Tucker & The New Standard Band akan mengeksplorasi kekuatan transformatif jazz dalam mempromosikan nilai-nilai kebebasan berekspresi, keberagaman, dan inklusi.

“AS dan Indonesia memiliki tradisi yang kaya akan rasa saling menghormati dan kerja sama, yang terangkum dalam semboyan kita masing-masing: E Pluribus Unum dan Bhineka Tunggal Ika,” ujar Michael Quinlan Juru Bicara Kedutaan Besar.

“Program pertukaran seperti ini merupakan pintu gerbang untuk dialog dan saling belajar, dan musik merupakan bahasa universal untuk berkomunikasi.”

Di Surabaya, band ini akan mengadakan lokakarya musik terpisah dengan SMKN 12 (Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 12), dan lokakarya lainnya dengan musisi muda dari kota-kota di sekitar Jawa Timur, sebelum menyelesaikan tur mereka di Indonesia dengan penampilan publik di Hotel Majapahit yang bersejarah pada tanggal 11 Mei.

Drew Tucker & The New Standard Band menyapa publik Kota Pahlawan lewat program Memorabilia Suara Surabaya, Jumat (10/5/2024). Foto: Dukut suarasurabaya.net

Drew Tucker dan New Standard Band juga akan mengunjungi Jakarta, Padang, Padang Panjang, Solo, dan Salatiga, berkolaborasi dengan musisi lokal, universitas, dan sekolah musik. Keterlibatan ini mencakup komponen pendidikan yang bertujuan untuk memupuk keterampilan kewirausahaan melalui musik.

Inisiatif ini menggarisbawahi komitmen teguh Kedutaan Besar AS untuk mendukung ekonomi kreatif Indonesia dan membina hubungan yang lebih kuat.

Perlu diketahui, Drew Tucker & The New Standard membuat instrumen yang tidak biasa, vibraphone dan tuba, lebih mudah diakses oleh para penggemarnya dan lebih banyak orang.

Drew Tucker memadukan instrumen dinamis vibraphone dengan pengaruh soul, funk, jazz, dan hip-hop untuk memikat para pendengar di seluruh dunia.

Drew adalah musisi pendorong pengembangan Arts Garage di Delray Beach, Pusat Seni Budaya Bailey dan Ali, dan Old School Square. Dia telah melakukan tur dan mengajar bersama Shaun Martin, pemenang Grammy Award tujuh kali. Juga merupakan instruktur terkemuka dalam pendidikan mallet, mengarahkan perkusi untuk Boca Raton, Dreyfoos School of the Arts, dan Sekolah Menengah Broward Barat.

Sementara, Bill Muter, dipuji sebagai “pemain tuba paling inovatif yang pernah kami lihat” oleh New York Times dan “pemain tuba yang dapat melakukan beatbox pada lagu hip hop apa pun” (Buzzfeed). Dia telah bermain di berbagai tempat di seluruh dunia sebagai “Tubavisionary.” Bill adalah penulis buku teknik musik terlaris “A Practical Approach: Brass Pedagogy Book.”(iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya
Kurs
Exit mobile version