Kamis, 2 Mei 2024

Setelah 43 Tahun, Serial Manga “Captain Tsubasa” Resmi Berakhir pada April 2024

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Captain Tsubasa Poster "Captain Tsubasa: Dream Team". Foto: (KLab Inc.)

Serial manga sepak bola populer Jepang “Captain Tsubasa” resmi berakhir pada Kamis (4/4/2024), setelah diterbitkan selama 43 tahun.

Melansir Antara, Jumat (5/4/2024), Yoichi Takahashi pencipta “Captain Tsubasa” menyatakan bahwa dia akan pensiun sebagai seorang seniman manga, tetapi tetap melanjutkan “aktivitas kreatif”.

Takahashi (63) mengatakan bahwa dia masih akan membuat cerita tentang Tsubasa, si jenius sepak bola yang menjadi karakter utama dalam serial tersebut, tetapi akan beralih ke format storyboard kasar yang diharapkan dapat diproduksi lebih cepat dan disampaikan kepada penggemar melalui situs web khusus.

“Aku masih suka menggambar ilustrasi dan memikirkan cerita,” katanya dalam sebuah pos di platform media sosial X.

Babak terakhir cerita dalam manga Captain Tsubasa Rising Sun” menggambarkan bahwa Tsubasa berpartisipasi dalam Olimpiade sebagai kapten tim sepak bola Jepang untuk usia di bawah 23 tahun.

Cerita akan berlanjut dalam format baru di situs web “Captain Tsubasa World” mulai musim panas ini, dengan rilis mingguan.

Karena formatnya tidak memerlukan tinta dan penambahan screen tone hingga detail gambar, Takahashi mengatakan, dia dapat menyampaikan cerita masa depan dengan laju lebih cepat.

Pencipta serial itu juga berharap memiliki lebih banyak kebebasan berekspresi, karena dia tidak lagi harus memenuhi tenggat waktu serta persyaratan jumlah halaman atau ukuran format.

“Sekarang saya akan melakukan seperti yang saya lakukan saat itu, membuat seri manga dengan gambar pensil,” kata Takahashi.

Sementara itu, penerbit Tokyo Shueisha Inc. mengumumkan akhir dari seri manga tersebut dalam majalah Captain Tsubasa Magazine yakni pada Januari.

Sebelumnya, episode pertama “Captain Tsubasa” diterbitkan dalam majalah mingguan Shukan Shonen Jump pada 1981.

Lalu seri itu telah diadaptasi menjadi anime dan game di lebih dari 50 negara dan serta telah memikat anak-anak, hingga beberapa pemain sepak bola profesional seperti Andres Iniesta bintang Spanyol. Selain itu seri komik ini telah terjual lebih dari 90 juta copy di Jepang. (ant/sya/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
30o
Kurs