Selasa, 30 April 2024

WhatsApp, Instagram dan Facebook Sempat Down pada Kamis Dini Hari

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Pembaruan di Instagram dan Facebook memberikan pembatasan yang lebih besar pada siapa yang dapat mengirim pesan kepada remaja. Foto: Getty Images Ilustrasi - Logo WhatsApp, Instagram, dan Facebook yang muncul dalam layar smartphone. Foto: Getty Images

Aplikasi milik grup Meta, yakni WhatsApp, Instagram dan Facebook mulai pulih setelah sempat mengalami down pada Kamis (4/4/2024) dini hari.

Melansir Antara, pengguna WhatsApp di berbagai negara, termasuk Indonesia melaporkan aplikasi WhatsApp tidak bisa digunakan sekitar pukul 01.16 dengan keluhan tidak bisa mengakses aplikasi (68 persen) dan tidak bisa menerima pesan (26 persen).

Berdasarkan laporan wilayah terkait WhatsApp yang sempat mengalami down yakni berasal dari Jakarta dan Surabaya. Kemudian, para pengguna di negara Malaysia dan Singapura juga melaporkan masalah yang sama.

Tidak hanya itu, di negara Amerika Serikat dan New York, para pengguna WhatsApp pun mengalami masalah yang serupa.

Sementara, masalah pada Facebook juga terjadi pada waktu yang sama. Menurut situs Downdetector, keluhan pada aplikasi situs web (50 persen), komentar (29 persen) dan unggahan (21 persen).

Sedangkan menurut laporan gangguan di situs Downdetector pada Instagram, berlangsung antara pukul 01.30 hingga 05.00 di Indonesia untuk koneksi server (49 persen), aplikasi (31 persen) dan profil (19 persen).

Lalu, Uji coba yang dilakukan Antara sekitar pukul 05.00 pada laman feed (kabar berita) Instagram sedikit sulit diperbarui, namun berbeda dengan WhatsApp yang dapat digunakan seperti biasa.

Selain itu, warganet juga mengeluhkan gangguan pada Instagram dan WhatsApp melalui platform X (Twitter) hingga kedua aplikasi tersebut menjadi trending topic.

Namun, saat ini melalui akun resmi di X, WhatsApp mengumumkan bahwa mereka sudah kembali normal.

“Dan kami kembali. Selamat berkirim pesan,” kata WhatsApp dalam keterangannya.

Sebelumnya, WhatsApp juga telah menyatakan mengetahui gangguan tersebut dan berupaya untuk memperbaikinya secepat mungkin. (ant/sya/saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
28o
Kurs