Jumat, 3 Mei 2024

12 Tips Supaya Tidur Nyenyak

Laporan oleh Sugeng Priyono
Bagikan

1. Tidur teratur sesuai jadwal. (Tidur dan bangun diwaktu yang sama setiap hari)
2. Hindari olahraga terlalu malam. (Lakukan olahraga dalam waktu 5-6 jam sebelum anda tidur)
3. Hindari Kafein dan Nikotin. (Efek dari kafein seperti dalam minuman kopi, mengandung Cola, Teh, dan Coklat merupakan stimulan yang dapat bertahan hingga 8 jam termasuk Nikotin.)

Tips Tidur Bagian Ke II :
4. Hindari minuman beralkohol sebelum tidur. Alkohol membuat fase tidur anda tidak terlalu nyenyak dan bila pengaruh alkohol habis, maka anda akan lebih mudah terbangun di tengah malam.
5. Hindari makan dan minum terlalu banyak menjelang tidur malam. (Makan terlalu banyak menjelang tidur malam akan menyebabkan pencernaan bekerja dan dapat mengganggu tidur. Minum terlalu banyak akan menyebabkan anda sering kencing).
6. Hindari, jika mungkin minum obat yang dapat mengganggu tidur. (Beberapa obat seperti untuk jantung, tekanan darah tinggi, dan asma, serta obat bebas dan obat herbal untuk mengatasi gejala flu, alergi, dapat mengganggu pola tidur).

Tips Tidur Bagian Ke III :
7. Jangan tidur siang setelah jam 15.00. (Tidur siang dapat meningkatkan kemampuan otak, tetapi tidur terlalu sore dapat membuat sulit tidur. Tidur siang sebaiknya dibawah satu jam.)
8. Santailah sebelum Tidur. (Buatlah keadaan menjadi santai dengan aktivitas seperti, membaca atau mendengarkan musik. Jadikan sebagai bagian dari kebiasaan menjelang tidur.)
9. Mandilah dengan air hangat sebelum tidur. (anda akan merasa lebih santai dan ngantuk)

Tips Tidur Bagian Ke IV :
10. Buatlah suasana tidur yang menyenangkan. (Hindari suara gaduh, lampu yang terlalu terang, ataupun TV dan komputer di dalam kamar tidur. Jagalah suhu kamar yang lebih sejuk agar anda dapat tidur dengan nyenyak.)
11. Bangun dan beraktivitas santai hingga merasa mengantuk. (Perhatikan jika anda sulit tidur dalam waktu lebih dari 20 menit di tempat tidur.)
12. Temui Dokter anda jika anda tetap merasa sulit tidur.

Diterjemahkan dengan ubahan dari NHLBI Health Information Center.
www.nhlbi.nih.gov/sleep

Bagikan
Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
29o
Kurs