Rabu, 1 Mei 2024

DPD RI : Kurikulum Kebencanaan Diharapkan Juga Mengulas Soal Wabah

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Fahira Idris anggota DPD RI. Foto: Faiz suarasurabaya.net

Fahira Idris anggota DPD RI berharap formulasi kurikulum pendidikan kebencanaan di Indonesia tidak hanya fokus mengulas peserta didik soal mitigasi bencana alam saja, namun juga bencana nonalam, salah satunya wabah penyakit.

Menurutnya, karena bencana tidak hanya melulu akibat faktor alam, tetapi bencana nonalam seperti wabah Covid-19 yang saat ini di Indonesia di hampir semua negara dunia.

“Hari pendidikan nasional yang kita peringati kemarin (2/5/2020) di tengah pandemi Covid-19 idealnya menjadi momentum penting bagi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan para pemangku kepentingan lain untuk segera merealisasikan kurikulum pendidikan kebencanaan baik alam maupun nonalam terutama wabah,” ujar Fahira Idris di Jakarta (4/5/2020).

Fahira mengatakan, wabah Covid-19 ini menjadi peringatan bahwa bencana yang diakibatkan oleh peristiwa atau rangkaian peristiwa non alam juga harus mendapat perhatian dan sedapat mungkin diformulasikan mitigasinya.

Lewat pendidikan, sambungnya, generasi Indonesia ke depan akan memiliki pengetahuan dan wawasan tentang kebencanaan mulai dari tindakan preventif, respon terhadap bencana dan recovery (pemulihan).

“Poin penting lainnya yang hendak dituju adalah membangun sikap empati terhadap korban bencana atau mereka yang terserang wabah penyakit sehingga sigap membantu dan punya kemampuan menggalang solidaritas,” pungkas Wakil Ketua Badan Pengkajian MPR RI ini.(faz/tin/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 1 Mei 2024
27o
Kurs