Rabu, 1 Mei 2024

Megawati Kembali Diserang Hoaks, PDIP Akan Ambil Langkah Hukum

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Megawati Soekarnoputri Ketua Umum PDI Perjuangan. Foto: Antara

Telah beredar video di media sosial yang menggambarkan Megawati Soekarnoputri Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) meninggal dunia. Hasto Kristiyanto Sekretaris Jenderal DPP PDIP memastikan informasi itu sebagai hoaks.

Hasto mengatakan pelaku penyebar hoaks sangat tidak bertanggung jawab dan tidak bermoral. Dia menegaskan bahwa Megawati sedang dalam kondisi yang sehat.

“Bu Mega dalam keadaan sehat. Ini tadi saya sebelum ke sini, baru sampai Pasar Minggu, ditelepon beliau untuk datang ke Jalan Teuku Umar,” kata Hasto saat menghadiri Festival Kuliner Pendaming Beras dalam rangka menyambut HUT Ke-49 PDIP di Sekolah Partai PDIP, Lentengagung, Jakarta Selatan, Jumat (7/1/2022).

Hasto saat di kediaman Megawati melihat Presiden Kelima RI itu sangat bugar dan penuh semangat. Hasto juga menilai berita hoaks itu membuat partai mengambil sikap.

“Saya memutuskan sebagai Sekjen agar bantuan hukum PDIP melaporkan kepada aparat penegak hukum agar hal-hal seperti ini tidak perlu terjadi lagi. Karena kita ini bangsa yang dikenal karena kebudayaan kita karena peradaban kita,” kata Hasto.

Hasto meyakini budaya masyarakat Indonesia sejak dulu tidak pernah mengobral fitnah. Sejarah budaya masyarakat Indonesia penuh dengan kejujuran dan tanggung jawab.

“Kita bangsa yang terus memperjuangkan nilai-nilai kebenaran dan kejujuran sebagai bagian nilai positif yang membentuk bangsa ini,” ujar Hasto.

Sekadar diketahui, bukan kali ini saja Megawati diserang oleh isu hoaks. Pada April 2019, ramai di media sosial bahwa putri Proklamator RI Bung Karno itu dikabarkan sedang dirawat di rumah sakit karena stroke.

Kemudian pada Mei 2020, Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi (BRIN) itu dikabarkan masuk daftar pencarian orang (DPO) karena membiarkan virus Covid-19 masuk ke Indonesia. PDIP berulang kali menyampaikan bahwa semua informasi itu sebagai hoaks.(faz/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 1 Mei 2024
28o
Kurs