Jumat, 29 Maret 2024

Megawati Dorong Pemuda Indonesia Ambil Beasiswa LPDP Demi Indonesia Berdikari Berbasis Iptek

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Megawati Soekarnoputri Ketua Umum PDIP Foto: Istimewa

Megawati Soekarnoputri Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) mendorong penguatan Indonesia yang berdiri di atas kaki sendiri (berdikari) yang diwujudkan melalui penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Itu sebabnya DPP PDIP mendorong anak muda Indonesia mengejar ilmu setingginya dengan fasilitas beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Pilihan sikap Megawati itu disampaikan Hasto Kristiyanto Sekjen DPP PDIP saat menyampaikan sambutan dalam Sosialisasi Peluang Beasiswa LPDP yang dilaksanakan DPP PDIP Bidang Pemuda dan Olahraga, Selasa (9/11/2021).

Kegiatan sosialisasi ini dihadiri Eriko Sotarduga Ketua DPP PDIP Bidang Pemuda dan Olahraga, Andreas Pareira anggota Komisi X DPR, Andin Hadiyanto Direktur Utama LPDP dan Dwi Larso Direktur Beasiswa LPDP.

“Saya diingatkan oleh Ibu Megawati Soekarnoputri bahwa Indonesia akan maju kalau kita berdiri kokoh pada semangat berdikari, berdiri di atas kaki sendiri. Dan semangat tersebut harus diwujudkan melalui penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi,” kata Hasto.

“Dari Ibu Megawati Soekarnoputri, kepada seluruh pemuda pemudi Indonesia, mahasiswa Indonesia, yang pada hari ini mengikuti webinar untuk bagaimana mendapatkan beasiswa dari pemerintah,” tambahnya.

Hasto menceritakan sejarah yang selama ini jarang diketahui rakyat, khususnya para anak muda. Yakni pada tahun 1965, saat itu Indonesia berupaya untuk menguasai ilmu nuklir, ilmu logam, ilmu yang berkaitan dengan angkasa luar, hingga sastra.

Untuk itu, Soekarno Proklamator dan Presiden RI Pertama telah mengirimkan lebih dari 260 ribu mahasiswa-mahasiswi Indonesia untuk belajar. Mereka dipesankan untuk menjadi pemuda pemudi pelopor untuk sepenuhnya berjuang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Agar cita-cita bagi Indonesia yang berdaulat, Indonesia yang berdikari, dan berkepribadian dalam kebudayaan dapat dijalankan dengan sebaik-baiknya,” kata Hasto.

Dan PDIP kini memang mendorong agar seluruh kaum muda Indonesia berjuang terdepan di dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pas pula momentumnya dengan pendirian Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), dimana Megawati Soekarnoputri menjadi Ketua Dewan Pengarah.

PDIP menilai seharusnya momentum ini bisa dipakai dengan sebaik-baiknya untuk menggelorakan semangat penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Serta mendorong seluruh kegiatan riset dan inovasi, khususnya yang mendorong agar Indonesia bisa berdikari.

“Politik juga memerlukan aplikasi dari riset dan inovasi di dalam mengambil kebijakan-kebijakan publik. Mari kita gunakan dengan sebaik-baiknya, peluang untuk mendapatkan beasiswa dari pemerintah bagi kemajuan Indonesia Raya kita,” pungkas Hasto.(faz/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs