Selasa, 30 April 2024

Luhut Pandjaitan Menyebut Pandemi Covid-19 di Indonesia Kemungkinan Berakhir Tahun Depan

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Luhut Binsar Panjaitan. Foto: Dokumen Farid suarasurabaya.net

Luhut Binsar Pandjaitan Wakil Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN) mengungkapkan, tahun depan Indonesia berpeluang melepas status pandemi.

Menurutnya, penyebaran Virus Corona di Indonesia sekarang cukup terkendali. Bahkan, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi mengklaim Indonesia dalam kondisi terbaik.

Walau begitu, Luhut menegaskan Pemerintah Indonesia tetap menunggu keputusan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang berwenang menetapkan status wabah penyakit di suatu negara.

“Sangat ada kemungkinan lepas status pandemi. Tapi, kita nggak tau, kalau nanti ada varian baru. Kami akan lihat dan tetap harus nurut kepada WHO. Tapi, Indonesia pada status yang terbaik sekarang. Di seluruh dunia, dibanding beberapa negara, Indonesia termasuk yang paling baik,” ujarnya di Jakarta, Rabu (12/10/2022).

Di tempat terpisah, Airlangga Hartarto Ketua KPCPEN menyebut Indonesia bisa lepas dari pandemi kalau angka kasus penularan Covid-19 terus melandai sampai Februari 2023.

Supaya tetap terkendali, Pemerintah akan mengevaluasi pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) sampai akhir Oktober 2022, sebelum menerapkan kebijakan baru.

Sebelumnya, Joko Widodo Presiden mengatakan, Pemerintah kemungkinan mengumumkan berakhirnya pandemi Covid-19 dalam waktu dekat.

Walau wabah Virus Corona sudah reda, Jokowi mengingatkan bukan berarti persoalan di Tanah Air selesai.

Kepala Negara menegaskan, Indonesia harus siap menghadapi ancaman krisis pangan, energi dan krisis finansial pascapandemi serta efek perang Rusia-Ukraina.(rid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
29o
Kurs