Rabu, 1 Mei 2024

Kemah di Hutan Kota Balas Klumprik, Dinkes Surabaya Berikan Wawasan Kesehatan kepada Pramuka

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Para peserta Aksi Arek Saka Bakti Husada (ASAHBAYA) sedang mendirikan tenda di Hutan Kota Balas Klumprik Kecamatan Wiyung Kota Surabaya, Sabtu (5/11/2022). Foto: surabaya.go.id

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya kembali menggelar kegiatan Aksi Arek Saka Bakti Husada (ASAHBAYA) Tahun 2022, di Hutan Kota Balas Klumprik, Kecamatan Wiyung Kota Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (5/11/2022).

ASAHBAYA merupakan kegiatan perkemahan yang memberikan dampak positif bagi peserta. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan keterampilan dan pengembangan dunia kesehatan, khususnya dalam bidang promosi kesehatan.

Meski sempat vakum selama dua tahun akibat Covid-19, Dinkes Kota Surabaya kembali menjalankan program tersebut yang berfokus pada penerapan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di lingkungan sekolah dan keluarga.

Dilansir dari situs resmi surabaya.go.id, Kartika Sri Rejeki Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Surabaya mengatakan selain menambah wawasan dan pengalaman kepada anggota Satuan Karya Pramuka Bakti Husada Kota Surabaya, pihaknya juga berupaya menciptakan regenerasi Dewan Saka Bakti Husada yang baru.

“Tentunya mempererat tali silaturahmi dan kerja sama antaranggota, kami juga menggelar ajang kompetisi untuk mengasah kemampuan peserta dalam krida-krida Saka Bakti Husada, serta meningkatkan kualitas SDM anggota Pramuka, dan wawasan tentang dunia kesehatan khususnya kegiatan promotif dan preventif,” ujarnya.

Kartika menyebutkan ada 282 peserta yang mengikuti Aksi Arek Saka Bakti Husada. Peserta ini terdiri dari 220 anggota Saka Bakti Husada yang berasal dari 22 pangkalan, 40 anggota Dewan Saka Bakti Husada, dan 22 Pembina Saka Bakti Husada. Kegiatan perkemahan ini digelar selama dua hari, tanggal 5-6 November 2022.

“Materi yang diberikan ada pelatihan Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD) karena Satuan Karya Pramuka Bakti Husada fokus pada bidang kesehatan,” jelasnya.

Selain itu, para peserta juga melakukan kunjungan ke rumah warga di kawasan Kecamatan Wiyung Kota Surabaya. Dalam kunjungan tersebut, para peserta akan mensosialisasikan ke rumah-rumah warga terkait penerapan PHBS.

“Kami telah berkoordinasi dengan Camat Wiyung, karena akan mengadakan penjelajahan dan kunjungan ke rumah-rumah warga sekitar untuk mensosialisasikan penerapan PHBS. Serta, memberikan penjelasan mengenai gizi, kesehatan ibu dan anak, hingga manfaat tanaman obat keluarga (toga),” sebutnya.

Dia berharap dengan kegiatan Saka Bakti Husada Tahun 2022, peserta dapat menggalakkan penerapan PHBS di lingkungan sekolah maupun keluarga, serta melakukan pertolongan pertama dalam keadaan gawat darurat.

“Dengan mengikuti kegiatan Saka Bakti Husada, semoga bisa menangani terkait kesehatan dan menerapkan PHBS untuk life skill (keterampilan) mereka menuju dewasa,” pungkasnya.(tik/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 1 Mei 2024
27o
Kurs