Kamis, 16 Mei 2024

Negara-Negara ASEAN Gelar Pertemuan untuk Bahas Kerja Sama Finansial

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Suasana Pameran Pariwisata ASEAN yang diadakan di Vientiane, ibu kota Laos, pada Kamis (22/2/2024). Foto: Antara Suasana Pameran Pariwisata ASEAN yang diadakan di Vientiane, ibu kota Laos, pada Kamis (22/2/2024). Foto: Antara

Perwakilan negara-negara anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dan Sekretariat ASEAN telah melakukan peninjauan terhadap hasil kerja sebuah komite utama untuk kerja sama keuangan dan menguraikan rencana strategis untuk tahun-tahun mendatang.

Menurut laporan yang dirilis oleh Bank of the Lao PDR, bank sentral Laos, pada Kamis (22/2), para perwakilan itu berkumpul di Vientiane, ibu kota Laos, untuk menghadiri pertemuan ke-78 Komite Kerja Liberalisasi Jasa Keuangan (Working Committee on Financial Services Liberalization/WC-FSL), dilansir Antara.

Dalam pertemuan yang digelar pada Senin (19/2/2024) tersebut, para pejabat yang bertanggung jawab atas WC-FSL menyoroti kemajuan dalam aktivitas komite tersebut, termasuk inisiatif-inisiatif utama di sektor keuangan dan perbankan, serta rencana strategis Masyarakat Ekonomi ASEAN (ASEAN Economic Community).

Mereka juga berfokus pada indikator-indikator kinerja utama untuk integrasi keuangan, area-area penting yang berkaitan dengan liberalisasi keuangan di bawah Perjanjian Kerangka Kerja ASEAN di Bidang Jasa, dan Perjanjian Perdagangan Jasa ASEAN.

Selain itu, pertemuan tersebut juga meninjau status dari prioritas-prioritas tahunan untuk periode 2023-2024, dan prioritas-prioritas utama untuk inisiatif kapasitas, terutama untuk ekonomi hijau dan ekonomi digital. (ant/azw/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 16 Mei 2024
33o
Kurs