Sabtu, 27 April 2024

Perang SUV Mobil China di IIMS Surabaya 2019

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Indonesian Internasional Motor Show (IIMS) Surabaya 2019 resmi dibuka hari ini, Rabu (30/10/2019) sampai 3 November di Grand City Convex. Foto: Denza suarasurabaya.net

Indonesian Internasional Motor Show (IIMS) Surabaya 2019 resmi dibuka hari ini, Rabu (30/10/2019) sampai 3 November di Grand City Convex.

Dua merek mobil asal China, Wuling Motors dan DFSK, turut meramaikan pameran otomotif ini dengan memamerkan mobil sport utility vehicle (SUV) terbarunya.

Wuling Motors memasang Almaz sebagai jagoannya. Sedangkan DFSK sambil pameran sekalian mengenalkan Glory i-Auto untuk pertama kalinya di Surabaya.

Dua SUV jagoan masing-masing merek asal China ini punya fitur unggulan yang hampir sama. Keduanya sama-sama mengusung teknologi pintar berupa asisten suara.

Almaz maupun Glory i-Auto, keduanya tersemat fitur canggih yang memungkinkan pengguna melakukan perintah suara untuk berbagai fasilitas yang ada.

Fitur itu bisa digunakan untuk menyalakan mesin, membuka kaca jendela, atau mengontrol perangkat audio mobil hanya dengan menyuarakan perintah suara.

Kharismawan Awangga Regional Sales Manager Wuling Motors mengatakan, sejak diluncurkan pada Februari 2019 lalu, Almaz sudah punya pasar yang menjanjikan.

“Kontribusi Almaz sangat baik bagi penjualan Wuling di Jawa Timur. Sekitar 45 persen. Terbesar dibandingkan jenis mobil lainnya,” ujarnya.

Enam jaringan dealer Wuling yang tersebar di Surabaya, Gresik, dan Sidoarjo berhasil menjual hampir 600 unit Almaz sampai September 2019.

Kharisma optimistis, pasar SUV di Jawa Timur terus meningkat. Apalagi saat ini hampir semua merek mobil di Indonesia sudah punya unit SUV.

DFSK Glory i-Auto memang produk baru yang dikenalkan awal kuartal keempat lalu. Penjualannya pun masih inden dan pengiriman baru akan dilakukan akhir tahun.

Peluncuran Glory i-Auto di Surabaya adalah yang keempat setelah Jakarta, Makassar, dan Medan. Namun, DFSK mengklaim responsnya sangat baik.

Bayu Pangestu, Regional Sales Manager PT Sokonindo Automobile (Agen Pemegang Merek (APM) DFSK di Indonesia) mengatakan, sudah lebih 100 unit terjual.

“Di Jakarta sudah hampir empat bulan konsumen menunggu pengiriman. Begitu juga di Makassar dan Medan. Responsnya cukup bagus,” katanya.

Bahkan, Bayu mengklaim, sebelum pameran IIMS Surabaya 2019 di Grand City dibuka tadi pagi, sudah ada satu unit Glory i-Auto yang terjual di Surabaya.

DFSK, kata dia, sekarang ini belum ingin bicara target penjualan Glory i-Auto. Perusahaan masih melihat respons penggemar otomotif atas produk barunya.

DFSK bukan pemain baru dalam hal SUV. Semua produk mobil kendaraan penumpang DFSK berkelas SUV juga mendapat apresiasi. Dari Glory 360 sampai Glory 380.

Pasar Jawa Timur, terutama Surabaya, adalah pasar yang sangat potensial bagi DFSK. Bayu mengatakan, kontribusi penjualan di Surabaya sampai 20 persen.

Baik Wuling Motors maupun DFSK dengan unit SUV andalan masing-masing memberikan penawaran menarik bagi pengunjung IIMS Surabaya 2019.

Perang promosi pun terjadi. Wuling menawarkan uang muka terjangkau mulai Rp10 juta untuk semua produknya di IIMS 2019 dengan cicilan yang ringan.

Tidak hanya itu, Wuling juga memanjakan konsumennya dengan kesempatan mendapatkan Lucky Dip dengan beragam hadiah. Salah satunya logam mulia.

Sedangkan DFSK, selama IIMS Surabaya 2019 menawarkan bunga cicilan 0 persen dan DP mulai 10 persen, serta pemberian e-tol gratis senilai Rp500 ribu.

Pembeli DFSK di IIMS 2019 juga berkesempatan mendapatkan beragam hadiah lucky dip dengan total nilai mencapai puluhan juta rupiah.

DFSK juga menawarkan program Year End Sale. Selama Oktober-Desember 2019 ada bunga 0 persen dan DP Ringan pembelian DFSK Glory 360 dan 380, serta doorprize dan cashback.(den/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
29o
Kurs