Rabu, 1 April 2020

Rupiah Kamis Sore Menguat 51 Poin

Laporan oleh Wakhid Muqodam
Bagikan

Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Kamis sore menguat sebesar 51 poin menjadi Rp11.376 dibanding sebelumnya Rp11.427 per dolar AS.

“Sesuai dengan ekspektasi bahwa Bank Indonesia mempertahankan suku bunga acuan (BI rate) pada level 7,5 persen menjadi salah satu faktor penguatan rupiah,” kata Rully Nova pengamat pasar uang Bank Himpunan Saudara di Jakarta, Kamis (13/3/2014) dilansir dari Antara.

Dia mengemukakan bahwa kebijakan BI dengan pemerintah yang telah dikeluarkan pada 2013 lalu cukup berhasil membuat stabilitas ekonomi Indonesia sesuai target.

“Inflasi yang stabil dan defisit transaksi berjalan yang menyusut merupakan salah satu dampak dari kebijakan BI dan Pemerintah,” kata dia.

Sementara itu, Ariston Tjendra Kepala Riset Monex Investindo Futures menambahkan, angka cadangan devisa RI yang meningkat ke tingkat 102 miliar dolar AS pada Februari 2014 dibandingkan bulan sebelumnya 100,7 miliar dolar AS menandakan bahwa fundamental ekonomi Indonesia dipandang positif oleh investor.

“Kondisi itu mendorong kinerja rupiah kian impresif berkat akumulasi aliran dana asing yang masuk (capital inflow) ke dalam aset-aset pasar domestik beberapa pekan belakangan ini,” ujarnya.

Sementara itu, kurs tengah Bank Indonesia pada hari Kamis ini (13/3), tercatat mata uang rupiah menguat menjadi Rp11.387 dibanding sebelumnya (12/3) di posisi Rp11.432 per dolar AS. (ant/wak/rst)

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Pemeriksaan Suhu Tubuh dan Penyemprotan Disinfektan di Kalitengah Lamongan

Mobil Terbakar di Karah Indah 1

Penyemprotan Disinfektan di A.Yani

Truk Terguling di Karang Pilang

Surabaya
Rabu, 1 April 2020
30o
Kurs