Minggu, 5 Mei 2024

Mogok Kerja TKBM Berpotensi Kerugian Rp2,2 Miliar

Laporan oleh Wakhid Muqodam
Bagikan
Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya berhenti beraktivitas karena melakukan aksi mogok kerja. Foto: Wakhid suarasurabaya.net

Aksi mogok kerja yang dilakukan Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Pelabuhan Tanjung Perak berpotensi menimbulkan kerugian sebesar Rp2,2 miliar. Ini disampaikan Dhany Rahmat Gustian Humas Pelindo III Cabang Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Senin (4/5/2014).

Dia mengatakan, TKBM rencananya akan mogok pukul 13.00-16.00 WIB. Namun setelah ditemui phak Otoritas Pelabuhan Dhany, akhirnya aksi mogok hanya berjalan satu jam. Pihaknya belum tahu apakah rencana mogok itu akan berlanjut besok atau tidak.

“Pihak lain yang rugi jika TKBM mogok adalah perusahaan bongkar muat. Bisa rugi Rp2,2 miliar bila TKBM mogok dalam waktu itu,” kata Dhany.

Dia menambahkan, Tidak semua TKBM melakukan aksi mogok. Sebagian ada yang tidak mogok namun mereka tidak bekerja karena memang belum ada bongkar muat.

“Di sini ada sekitar 5 ribu TKBM. 25% Mogok dan sisanya tidak,” ujarnya.

Dhany mengaku mengerahkan petugas keamanan pelabuhan untuk melakukan sweeping TKBM yang tidak melakukan aktivitas apapun untuk keluar dari area terminal bongkar muat. Menurutnya, TKBM yang menganggur itu diduga akan menghalangi rekannya yang ingin bekerja.

“Sebenarnya yang rugi para TKBM juga jika tidak bekerja karena ekonomi sedang lesu. Dalam triwulan tahun ini, terjadi penurunan 6% pendapatan dari sektor bongkar muat,” kata dia. (wak/ipg)

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
25o
Kurs