Sabtu, 18 Mei 2024

Pelindo III Bangun PLTMG di Terminal Teluk Lamong

Laporan oleh Dodi Pradipta
Bagikan
Ilustrasi. Foto: Pelindo III

PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III membangun Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) di Terminal Teluk Lamong Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

“PLTMG tersebut akan dioperasikan oleh PT Lamong Energi Indonesia (LEI) yang merupakan anak usaha sinergi antara Terminal Teluk Lamong dan PT Adhi Karya (Persero). Proyek ini juga menunjuk Max Power Indonesia sebagai kontraktor ujar Prasetyadi Direktur Utama Terminal Teluk Lamong,” Selasa (25/8/2015).

Pembangunan pembangkit listrik akan dibagi dalam dua tahap yakni tahun 2015 dan 2016 di lahan seluas sekitar 9.000 meter persegi. Di tahap pertama, total kapasitas listrik yang dihasilkan mencapai 6,6 megawatt dari dua pembangkit listrik tenaga mesin gas.

“Tujuan pembangunan tahap awal adalah untuk memenuhi kebutuhan listrik yang diperlukan pada peralatan dan fasilitas di Terminal Teluk Lamong yang sebagian besar menggunakan listrik,” kata dia.

Sementara itu, pada tahun 2016 akan dilakukan penambahan jumlah pembangkit tenaga listrik gas yang akan dimaksimalkan dengan kapasitas mencapai 13 megawatt. Pembangkit listrik bertenaga mesin gas tersebut berkapasitas masing-masing 3,3 Megawatt dan akan dipasang sebanyak empat buah pada pembangunan tahap II.

Rencananya, Terminal Teluk Lamong dan wilayah Pelabuhan Tanjung Perak akan menjadi pelabuhan dan kawasan industri percontohan yang menggunakan bahan bakar listrik dan ramah lingkungan di Indonesia. (dop/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
26o
Kurs