Jumat, 29 Maret 2024

Produksi Minyak Bumi Nasional Tunjukkan Tren Kenaikan

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi. Tambang migas. Foto: SKK Migas

Produksi minyak bumi nasional menunjukkan tren kenaikan. Bulan Agustus 2015, produksi rata-rata sebesar 776.500 barel per hari. Sementara pada September 2015, produksi rata-rata berada diangka 800.500 barel per hari. Periode Januari-September 2015, produksi rata-rata sebesar 783.000 barel per hari atau 95 persen target produksi dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2015.

”Untuk gas, produksinya cenderung stagnan diangka 8.000 juta kaki kubik per hari. Secara total produksi rata-rata minyak dan gas bumi sebesar 2,21 juta barel ekuivalen per hari,” kata Budi Agustyono Sekretaris Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), seperti dalam rilis yang diterima suarasurabaya.net, Selasa (15/9/2015).

Budi optimis, produksi rata-rata akan terus meningkat hingga akhir tahun dengan selesainya beberapa proyek migas. “Industri hulu migas dituntut bekerja keras untuk mencapai target lifting migas yang ditetapkan pemerintah,” katanya.

Sementara itu, realisasi penerimaan negara, per 4 September 2015 tercatat sebesar US$10,03 miliar atau sekitar Rp140 triliun. Jumlah ini sekitar 67 persen dari target penerimaan sebesar US$14,99 miliar.

Dia mengungkapkan, pencapaian target nasional bukan hal yang mudah karena terdapat kendala dalam pelaksanaan di lapangan. Terlebih di tengah turunnya harga minyak dunia, industri hulu migas dituntut melaksanakan efisiensi biaya operasi. Diantaranya, renegosiasi ulang dengan sub kontraktor agar dapat memberikan fleksibilitas harga sehingga dapat menjaga keekonomian proyek yang telah direncanakan.

“Sudah ada contoh kasus, renegosiasi kontrak rig di Total E&P Indonesia dan PHE WMO,” katanya.

Cara lain, dengan melakukan perubahan skenario operasi lapangan yang lebih sederhana serta kolaborasi operasi dengan perusahaan migas yang wilayahnya berdekatan, seperti sharing penggunaan material dan peralatan.(iss/ipg)

Teks Foto:
-. Statistik Distribusi Penerimaan Negara dari Sektor Hulu Migas (dalam miliar $).
Foto: SKK Migas

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
25o
Kurs