Selasa, 28 Mei 2024

Tekan Harga Pangan, Jatim Kirim Beras dan Gula ke Luar Jawa

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Ilustrasi

Pemerintah Jawa Timur segera mendistribusikan kelebihan beras dan gula ke beberapa provinsi yang ada di luar jawa. Distribusi ini merupakan perintah dari Kementerian Perindustrian yang minta beberapa provinsi lumbung pangan segera membantu distribusi pangan ke beberapa provinsi lainnya.

“Pak Menteri minta agar yang surplus membantu yang minus sehingga harga pangan jelang puasa khususnya di luar Jawa bisa diurai dengan pengiriman surplus dari jawa,” kata Warno Hari Sasono, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Timur, Jumat (12/6/2015).

Hari mengatakan, perintah dari Kementerian Perdangan ini langsung ditanggapi dengan berkirim surat pada seluruh provinsi di luar jawa. “Kita tanya mereka butuhnya apa, kita di sini punya kelebihan gula dan beras yang berlebihan,” kata Hari.

Selama ini, stok gula dan beras Jawa Timur memang selalu surplus, beras misalnya selalu surplus hingga 3,6 juta ton. Begitu juga gula tiap tahunnya juga surplus sekitar 800 ribu ton.

Sementara itu, untuk menekan harga kebutuhan pokok di Jawa Timur sendiri, Disperindag saat ini juga telah menggandeng beberapa perusahaan untuk melakukan operasi pasar selama sebulan penuh.

“Kita sudah sebar timnya ke seluruh kabupaten/kota untuk memantau harga apa yang naik, besoknya pasti akan langsung kita gelar operasi pasar,” kata dia. (fik/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Selasa, 28 Mei 2024
33o
Kurs