Jumat, 19 April 2024

Sejumlah Perusahaan Asal Jepang akan Relokasi ke Jatim

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Soekarwo Gubernur Jawa Timur. Foto: Dok. suarasurabaya.net

Soekarwo Gubernur Jawa Timur mengtakan sejumlah perusahaan asal Jepang saat ini menyiapkan proses relokasi ke beberapa wilayah yang ada di Jawa Timur. Beberapa perusahaan yang akan berpindah ini merupakan perusahaan yang selama ini telah memiliki pabrik di sejumlah daerah mulai dari Jakarta, Jawa Barat serta Banten.

“Ketersediaan energi baik listrik maupun gas serta jaminan kualitas SDM pekerja menjadikan Jawa Timur menjadi tujuan utama mereka,” kata Soekarwo, Jumat (26/8/2016).

Selain itu, sukses story beberapa perusahaan asal Jepang yang ada di Jawa Timur menjadikan relokasi akan segera dilakukan. Beberapa kisah sukses itu diantaranya adalah sebuah pabrik traktor di Pasuruan yang kini bisa mengembangkan diri dan menjual produknya hingga ke Kanada dan Eropa.

Soekarwo juga mengatakan telah bertemu langsung dengan Konsulat Jenderal Jepang pada peringatan Kemerdekaan ke 71, 17 Agustus lalu untuk menindaklanjuti rencana relokasi beberapa perusahaan tersebut.

“Kalau di sana (pabrik awal), buruh demo sampai gedor-gedor pabrik terus tutup tol, tapi di sini buruh kondusif sehingga mereka memutuskan untuk memindah pabrik ke Jawa Timur,” ujar Soekarwo.

Soekarwo sendiri mengaku akan segera menindaklanjuti rencana ini dengan pergi ke Tokyo, Jepang untuk bertemu langsung dengan beberapa pengusaha di sana. (fik/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
32o
Kurs