Rabu, 1 Mei 2024

Pengamat Ingatkan Investor Tidak Berinvestasi Saat Suhu Politik Memanas

Laporan oleh Bruriy Susanto
Bagikan
Ilustrasi

Jemmy Paul, pengamat investasi mengingatkan para penanam modal untuk berhati-hati dalam berinvestasi saat memasuki musim politik, seperti pemilihan kepala daerah, legislatif dan presiden.

“Jika salah langkah, tidak bisa memahami kondisi suhu politik, si investor itu akan hancur. Apalagi, ada tendensi saling menyerang satu sama lain yang mengganggu stabilitas perekonomian,” katanya.

Menurut Jemmy, cara untuk menghindari risiko yang terlalu besar, investor harus memahami kebutuhannya sendiri dan berinvestasi secara teratur.

“Apakah ingin jangka lama atau singkat. Jika untuk kebutuhan jangka panjang, maka jangan coba-coba untuk melakukan spekulasi investasi agar mendapatkan keuntungan dalam waktu sangat singkat,” ujarnya.

Sementara, Billy Budiman, analisis investasi dari Sucorinvest mengatakan, belajar berinvestasi harus dilakukan sejak dini. Contohnya, menabung secara rutin, sudah dikatakan investasi.

“Selama ini yang terjadi di tengah masyarakat banyak tidak tahu. Bahwa menabung sejak dini itu adalah langkah awal untuk melakukan investasi, kebanyakan yang memahami melakukan investasi itu para pekerja. Padahal, kalangan pelajar ataupun mahasiswa itu bisa melakukan investasi awal, dengan menabung uang sakunya,” kata Billy. (bry/ana/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 1 Mei 2024
29o
Kurs