Selasa, 21 Mei 2024

Rupiah Menguat 24 Poin karena Keputusan BI Pertahankan Suku Bunga Acuan

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Ilustrasi.

Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, Jumat (17/11/2017) sore, bergerak menguat 24 poin menjadi Rp13.515 dibandingkan sebelumnya pada posisi Rp13.539 per dolar Amerika Serikat.

“Keputusan Bank Indonesia yang mempertahankan suku bunga acuan menjadi salah satu faktor yang menjaga fluktuasi rupiah di area positif,” ujar Lukman Leong Analis PT Platon Niaga Berjangka di Jakarta, lansir Antara.

Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia pada 15-16 November 2017 memutuskan untuk mempertahankan BI 7-day Reverse Repo Rate sebesar 4,25 persen. Keputusan itu konsisten dengan upaya menjaga stabilitas makro ekonomi dan stabilitas sistem keuangan, serta mendorong laju pemulihan ekonomi dengan tetap mempertimbangkan dinamika perekonomian global maupun domestik.

Ia menambahkan bahwa apresiasi rupiah juga terpengaruh oleh sentimen dolar AS yang cenderung tertekan di pasar global akibat munculnya kabar investigasi keterlibatan rusia dalam Pemilu AS pada 2016.

“Di pasar global dolar AS melemah disebabkan oleh keluarnya surat perintah pengadilan untuk investigasi kampanye pemilu AS,” katanya

Selanjutnya, dia mengatakan, pelaku pasar uang akan fokus pada sentimen di luar ekonomi Amerika Serikat sebagai penggerak dolar AS mengingat sentimen kenaikan suku bunga AS (Fed Fund Rate) sudah dipastikan naik pada Desember tahun ini.

“Secara fundamental, tidak ada ekspektasi lain. Jadi, sentimen politik akan menjadi perhatian pasar,” katanya.

Sementara, Lukman Otunuga Research Analyst FXTM mengatakan, pelaku pasar uang cenderung keluar dari aset berdenominasi dolar AS menyusul indeks harga konsumen AS hanya meningkat tipis. Yakni 0,1 persen pada Oktober.

“Kenaikan itu terendah dalam tiga bulan terakhir. Meskipun kenaikan harga konsumen sebesar 0,1 persen ini sesuai dengan ekspektasi pasar, ini membuktikan bahwa inflasi di Amerika Serikat cenderung rendah,” katanya.

Sementara itu, kurs tengah Bank Indonesia (BI) pada pada hari yang sama mencatat, nilai tukar rupiah bergerak menguat ke posisi Rp13.517 dibandingkan posisi sebelumnya Rp13.538 per dolar AS.(ant/den/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Selasa, 21 Mei 2024
28o
Kurs