Minggu, 21 Juli 2024

Semester Pertama, Jatim Untung Rp79 Triliun dari Perdagangan antar Pulau

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Ilustrasi

Perdagangan antar provinsi di Jawa Timur pada semester pertama 2017 mencapai Rp348 triliun. Dengan catatan barang masuk ke Jawa Timur dari berbagai daerah di Indonesia mencapai Rp279 triliun atau mengalami surplus keuntungan Rp79 triliun.

Soekarwo Gubernur Jawa Timur, Selasa (26/9/2017) mengatakan, provinsi yang dia pimpin merupakan salah satu pusat perdagangan dan mampu untuk melayani 120 juta masyarakat Indonesia kawasan Timur. Sehingga sampai akhir 2017 perdagangan Jawa Timur dengan daerah lain di Indonesia bisa surplus mencapai Rp160 triliun. 

Tahun 2016 perdagangan antar provinsi antar pulau mencapai Rp535 triliun sedangkan barang yang masuk ke Jawa Timur mencapai Rp434,4 triliun jadi surplus mencapai Rp100,6 triliun.

Sementara pada 2016 Produk Domistik Regional Bruto (PDRB) Jawa Timur sebesar Rp1855 triliun dimana 29,17 persen diperoleh dari sektor industri, sektor perdagangan 18 persen dan sektor pertanian atau agro sekitar 14,46 persen.

Menurut Soekarwo, pada sektor pertanian masih mempunyai pekerjaan untuk mendorong pertumbuhan dari produksi prioritas (On Farm) menjadi produduk olahan (Off Farm) yang selanjutnya diperdagangan atau dipasarkan.

“Sekarang pekerjaan rumah tersebut telah diambir oleh kementerian perindustrian untuk memperluas pasar melalui E-Samrt,” kata dia.

Perdagangan dengan sistem E-Samrt akan membuka pasar lebih luas ditambah keuntungannya semakin bertambah besar. “Oleh sebab itu kepada kalangan muda manfaatkan betul sistem perdagngan dengan dengan menggunakan E-Smart,” ujar Soekarwo

Sayangnya, posisi IKM dalam posisi kurang efisien dibanding dengan multi nasional coperation karena faktor biaya permodalan yang masih kurang murah dari pihak perbankan.

“Padahal perbankan pernah berjanji mau membantu IKM dengan pinjaman muran tetapi janji tersebut belum diterapkan hingga kini. Perbankan saat ini masih menerapkan bunga 18 persen bagi IKM,” ujarnya. (fik/dwi/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Minggu, 21 Juli 2024
29o
Kurs