Minggu, 14 April 2024

Inggris Bebaskan Visa untuk Pebisnis Indonesia

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Moazzam Malik (kanan) didampingi Dominique Hardy (kiri) dalam peluncuran layanan bebas visa bagi pebisnis terpilih di Indonesia atau "Select Business Scheme" (SBS) di Kedutaan Besar Inggris di Jakarta, Kamis (22/11/2018). Foto: Antara

Pemerintah Inggris membebaskan visa untuk pebisnis Indonesia dari 23 perusahaan yang terpilih yang memiliki peran meningkatkan hubungan ekonomi kedua negara. Seperti yang diungkapkan Moazzam Malik Duta Besar Inggris untuk Indonesia di Kedutaan Besar Inggris di Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (22/11/2018). Didampingi Dominique Hardy Direktur Bagian Visa Inggris Wilayah Asia Pasifik, dia meluncurkan layanan bebas visa bagi pebisnis terpilih di Indonesia atau Select Business Scheme (SBS).

“Kriteria terpenting di sini adalah perusahaan tersebut memiliki kontribusi yang besar untuk hubungan ekonomi Inggris dan Indonesia,” kata Moazzam Malik, seperti dilansir Antara.

Indonesia menjadi negara ketiga di Asia Pasifik yang mendapatkan fasilitas SBS setelah China dan India.

“Artinya, kami memandang penting potensi bisnis di Indonesia yang mengunguntungkan bagi Inggris dan Indonesia,” kata Malik.

Dominique Hardy menambahkan, saat ini memang hanya 23 perusahaan yang terpilih, namun ke tidak tertutup kemungkinan jumalh tersebut akan bertambah karena Inggris akan melakukan evaluasi berkala.

“Dua puluh tiga perusahaan ini layak masuk dalam daftar karena selama ini staf mereka, dan juga keluarga mereka, bepergian secara teratur ke Inggris,” kata dia.

SBS akan memungkinkan para karyawan dan anggota keluarga mereka untuk cukup mendaftarkan paspor dan lembar aplikasi bisa sebanyak satu, kalau untuk masa berlaku dua, lima dan sepuluh tahun.

Perusahaan-perusahaan yang layak mendapatkan fasilitas SBS merupakan perusahaan Inggris yang memiliki cabang di Indonesia serta perusahaan Indonesia yang memiliki perwakilan di Inggris, antara lain PT Bank HSBC, PT Standard Chartered, PT Sinar Mas Grup, dan PT Astra Zeneca Indonesia. (ant/dim)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 14 April 2024
30o
Kurs