Kamis, 28 Maret 2024

Transisi Keterampilan, Kunci Optimalisasi Transformasi Digital

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Phillia Wibowo Presiden Director McKinsey Indonesia (tengah) bersama Lesly Goh Chief Technology Officer at World Bank Group (kanan), dan Adi Budiarso Sekretaris Panitia Nasional Pertemuan Tahunan IMF-World Bank Group (kiri) memberikan keterangan saat media briefing terkait Digital Transformation for All di area penyelenggaraan Pertemuan Tahunan IMF World Bank Group 2018 di Nusa Dua, Bali, Jumat (12/10/2018). Foto: Antara

Transisi atau peralihan keterampilan kelompok pekerja menjadi kunci utama untuk mengoptimalisasi manfaat dari pengintegrasian teknologi atau transformasi digital yang terjadi di semua sektor, kata Philia Wibowo Presiden Direktur McKinsey Indonesia.

“Kami meyakini bahwa digitalisasi akan menciptakan nilai bagi Indonesia. Estimasi kami, digital akan memberikan kontribusi senilai 150 miliar dolar AS bagi Indonesia,” ujar Philia dalam pengarahan media di sela-sela Pertemuan IMF-WBG 2018 di Nusa Dua, Bali, Jumat (12/10/2018).

Philia mengatakan bahwa McKinsey telah melakukan studi mengenai dampak dari transformasi digital, misalnya pengaruh otomatisasi atau penggunaan mesin terhadap pekerjaan.

“Kami telah melakukan analisis untuk Indonesia. Dalam analisis itu, kami pisahkan antara pekerjaan dan tugas karena yang diotomasi itu bukan pekerjaan tetapi tugas di dalam suatu pekerjaan,” ujarnya seperti dilansir Antara.

Lebih lanjut, dari keseluruhan pekerjaan hanya sekitar 5 persen pekerjaan akan hilang karena otomasi. Namun, 30 persen tugas di dalam 60 persen keseluruhan pekerjaan akan terotomasi

Philia menyoroti bahwa transisi keterampilan menjadi tantangan utama untuk memetik manfaat dari perkembangan digitalisasi yang terjadi di banyak area.

Menurutnya, McKinsey memperkirakan sekitar 23 juta pekerjaan akan hilang di Indonesia akibat transformasi digital. Namun, di satu sisi perkembangan ekonomi, salah satunya pembangunan infrastruktur, juga memunculkan kebutuhan hingga 20-40 juta pekerjaan.

“Jadi pada dasarnya net job masih memeroleh tambahan, namun transisi keterampilan kemudian menjadi tantangan. Untuk mendapatkan hal tersebut, maka transisi keterampilan harus diupayakan,” ujar Philia.

Peran pemerintah dalam mendorong transformasi digital ke arah yang positif menjadi penting. Philia menilai pemerintah perlu mengetahui kebutuhan dari masyarakat dan memiliki tujuan yang jelas terkait digitalisasi. (ant/nin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
27o
Kurs