Kamis, 25 April 2024

AP I Kehilangan 3,5 Juta Penumpang karena Tiket Pesawat Mahal

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ruang Check In dan Tunggu Bandara Internasional Yogyakarta. Foto: Liputan 6

Penumpang pesawat yang terhitung di bandara wilayah operasi PT Angkasa Pura I turun hingga 3,5 juta orang selama Triwulan I 2019.

“Yang jelas tiga bulan pertama itu Triwulan I, angka saya sekitar dari sisi penumpang yang kita laporkan sekitar 3,5 juta ‘dropnya’ dari 2018,” kata I Devi W Suradji Direktur Pelayanan dan Pemasaran Angkasa Pura saat ditemui di Bandara Internasional Yogyakarta, Selasa (7/5/2019).

Devi mengatakan penyebabnya bukan hanya harga tiket yang mahal, melainkan juga adanya tol dan banyaknya bencana yang mempengaruhi pola pergerakan penumpang.

“Harga tiket itu juga mempengaruhi karena salah satu yang paling besar berpindah dari satu tempat ke tempat lain itu traveling, bukan orang bisnis tapi keluarga yang jalan,” katanya.

Ia mencontohkan sejumlah masyarakat menunda bepergian karena tiket yang mahal tersebut, yakni terutama bagi para pegawai yang bekerja di luar daerah.

“Berapa banyak keluarga-keluarga yang tinggal di Yogyakarta kerjanya di Jakarta atau di Surabaya. Kebayang enggak, biasanya akhir pekan pada jalan ‘kan,” katanya.

Karena itu, Devi mengaku harus mencari strategi untuk mengembalikan

“Jadi faktornya banyak dan kita masih meraba mengembalikan angka 2018 ke 2019 karena turunnya cukup signifikan,” katanya.

Sebelumnya, Budi Kaya Sumadi Menteri Perhubungan akan mengevaluasi tarif batas atas pesawat niaga berjadwal selama masa angkutan Lebaran 2019 ini.

Ia juga telah meminta Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk mengoordinasikan kepada Garuda Indonesia yang diyakini sebagai pemimpin pasar untuk menyesuaikan harga tiket karena akan berpengaruh kepada maskapai lainnya.(ant/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
27o
Kurs