Rabu, 26 Februari 2020

Lima Fitur GrabExpress Bantu Bisnis UMKM Surabaya

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Tyas Widyastuti Head of GrabExpress Grab Indonesia. Foto: Abidin suarasurabaya.net

Grab Indonesia melatih seratusan pegiat Usaha Mikro Kecil dan Menengah UMKM Jatim di Harris Hotel Surabaya, Kamis (5/12/2019). Pelatihan dan talk show ini bagian dari pengenalan fitur baru GrabExpress bagi kepentingan penjualan para pelaku UMKM.

Tyas Widyastuti Head of GrabExpress Grab Indonesia mengatakan, UMKM memerlukan sarana atau layanan yang spesifik untuk kebutuhan online seller. Di situ peran Grab, ingin mengembangkan UMKM.

“Dengan GrabExpress, kami bisa bantu online seller ini. Karena Grab bisa mengantar berapa tujuanpun dan seberapa banyak pun barang karena memiliki armada GrabBike yang sudah ada,” katanya di sela talk show.

Tyas mengatakan, para pelaku UMKM paling tidak harus memperhatikan beberapa hal agar usahanya lancar dan bisa berkompetisi. Paling tidak pertama produknya harus baik dan dibutuhkan khalayak. Bisnisnya harus bisa berkesinambungan, jangan sampai bisnis tidak dikelola dengan baik lalu tutup.

“UMKM harus mempunyai brand emage, agar memberikan service yang baik. Lalu, ada proses logistik yang baik agar dipercaya customer,” katanya.

Tyas juga menjelaskan, GrabExpress memiliki lima fitur yang dapat menguntungkan pelaku usaha dan pelanggannya. Diantaranya fitur bukti pengiriman dan pelacakan langsung, layanan paket hemat, GrabExpress Car, ‘Nalangin’, dan pemesanan via web.

“Dari 5 fitur sebenarnya yang paling banyak masih yang instan, itu artinya pengiriman barang dari orang lain ke orang lain. Biasanya konsumen kita pakai GrabExpress maunya sekarang juga. Kita juga sudah berpartner dengan beberapa e-commerce di Indonesia,” kata Tyas.

Gerakan mendorong UMKM ini sudah dilakukan Grab sejak tahun 2018. Sejauh ini sudah 1000 UMKM seluruh Indonesia yang mendapat pelatihan. Menurut Tyas, roadshow pemberian pelatihan ini akan terus berlanjut, setelah di Surabaya nanti dilanjutkan di Makassar.

“UMKM harus didorong dengan teknologi yang tepat untuk menunjang pertumbuhan tersebut. Ini membuat kami menghadirkan acara #TambahSukses dengan GrabExpress di Surabaya. Harapan kami kombinasi antara kompetensi dan dukungan teknologi Grab, bisa memberi dampak besar pada perekonomian Surabaya, juga tingkat provinsi,” terangnya. (bid)

Berita Terkait