Selasa, 24 November 2020

Citilink Buka Rute Langsung Surabaya-Jeddah, Paket Umrah Mulai Rp19,9 Juta

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Devi Yanti Direktur Utama Garuda Indonesia Holidays. Foto: Denza suarasurabaya.net

Citilink, maskapai penerbangan berbiaya murah anak perusahaan Garuda Indonesia membuka rute penerbangan langsung Surabaya-Jeddah untuk menyasar masyarakat menengah ke bawah.

Rute penerbangan langsung Citilink Surabaya-Jeddah diluncurkan hari ini, Senin (6/12/2019), di Surabaya. Pengoperasian rute baru ini dimulai 26 Januari mendatang dengan tiga kali penerbangan sepekan.

Devi Yanti Direktur Utama Garuda Indonesia Holidays menjelaskan, penerbangan langsung Surabaya-Jeddah ini sudah menggunakan pesawat berbadan lebar Airbus Neo A330-900.

Sekali terbang, pesawat itu mampu mengangkut 365 penumpang. Karena itulah Citilink menargetkan, untuk pembukaan awal ini, setidaknya 1.000 kursi terisi dalam sepekan pertama.

“Untuk penerbangan tanggal 26 Januari, sekarang ini seat yang sudah dipesan 40 persen. Kalau tiga kali seminggu berarti target seminggu pertama sekitar seribuan,” katanya setelah peluncuran rute.

Rute baru Citilink ini, dia akui, memang untuk menyasar kalangan menengah ke bawah. Pangsa pasar yang tidak ditarget oleh Garuda Indonesia, yang bahkan belum punya rute langsung Surabaya-Jeddah.

“Jadi, nanti semua lini di Garuda Indonesia Grup mungkin akan punya rute langsung ini. Menyasar pangsa menengah ke atas dan menengah ke bawah. Jadi nanti, mungkin Garuda juga bakal punya,” katanya.

Dengan rute baru ini, Citilink mengestimasi harga paket umrah bisa dimulai dari harga Rp19,9 juta per orang. Devi bilang, kalau permintaannya nanti cukup tinggi, intensitas penerbangan akan ditambah.

“Kalau memang banyak peminatnya, kami bisa saja meningkatkan penerbangan yang tadinya cuma tiga kali seminggu menjadi 6 kali dalam seminggu. Kami lihat perkembangan dulu,” katanya.

Emil Elestianto Dardak Wakil Gubernur Jawa Timur yang hadir dalam peluncuran rute langsung Citilink Surabaya-Jeddah meyakini, panitia penyelenggara umrah di Jawa Timur akan menyambut baik rute baru ini.

“Citilink ini memang maskapai low cost carrier (LCC), saya kira bisa memungkinkan perjalanan ke Tanah Suci dengan budget terjangkau. Saya travel and travel umrah di Jatim menyambut baik rute ini,” ujarnya.(den/ipg)

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Truk Terguling, Lalu lintas Macet

Pohon Tumbang Menutup Jalan Utama Bangkalan Kota

Truk Tabrak Tiang Listrik di Pandaan

Serikat Pekerja Blokir Basuki Rahmat Surabaya

Surabaya
Selasa, 24 November 2020
34o
Kurs