Rabu, 26 Februari 2020

Misi Dagang Jatim Akan Makin Gencar di 2020

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur. Foto: Dok/Humas Pemprov Jatim

Misi dagang Pemprov Jatim pada 2020 akan makin gencar. Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim mengatakan, pada 5 Maret 2020 mendatang, Pemprov Jatim akan melakukan misi dagang di Provinsi Riau.

Setelah Riau, beberapa provinsi juga secara bertahap akan dikunjungi dalam rangka misi dagang, yaitu Sumatera Selatan, Sulawesi, Kalimantan, dan beberapa wilayah lain di Indonesia.

Sebelumnya, pada Selasa (4/2/2020), Pemprov Jatim mengawali rangkaian misi dagang di tahun 2020 dengan melawat ke Medan, Provinsi Sumatera Utara. Pada saat itu, transaksi dagang pada misi dagang tersebut mencapai angka Rp474,5 miliar.

“Yang seperti ini, kita coba lakukan kemarin di Lombok, Kaltim , terus Sumut, mudah-mudahan tanggal 5 maret kita lakukan misi dagang, di Riau. Tidak sekedar misi dagang. Saya juga nanti silahturami dengan masyarakat di Riau dari Jatim, di luar dari yang pedagang-pedagang yang dalam koordinasi misi dagang,” katanya.

Pada tahun 2019 sendiri, Pemprov Jatim telah melaksanakan lima kali misi dagang dengan total transaksi mencapai Rp, 2,84 Triliun. Beberapa daerah yang telah dikunjungi diantaranya Provinsi Sulawesi Selatan, Banten, NTB, Jatim, dan Kalimantan Timur.

Sebagai informasi, misi dagang adalah program untuk memperluas pangsa pasar dalam negeri dengan cara mempertemukan antara para penjual dan pembeli potensial dari dua provinsi. Dengan adanya misi dagang, diharapkan hubungan angar pelaku usaha lintas provinsi makin erat dan pertumbuhan ekonomi makin naik. (bas/ang/rst)

Berita Terkait