Pada pukul 09.43 WIB rupiah bergerak melemah 23 poin atau 0,17 persen menjadi Rp13.910 per dolar AS dari sebelumnya Rp13.887 per dolar AS.

“Dalam perdagangan hari ini kemungkinan rupiah masih akan melemah,” kata Ibrahim Assuaibi Direktur PT TRFX Garuda Berjangka di Jakarta dilansir Antara

Kondisi global akibat Virus COVID-19 yang terus berkembang dinilai akan membuat permintaan terhadap produk Indonesia bakal berkurang signifikan. Sedangkan dari sisi ekspor, serangan Virus COVID-19 juga akan dirasakan dari sisi investasi dan pariwisata.

Ibrahim memprediksi rupiah hari ini akan bergerak di kisaran Rp13.835 per dolar AS hingga Rp13.935 per dolar AS.

Ariston Tjendra Kepala Riset Monex Investindo Futures mengatakan, pelemahan rupiah pada awal pekan ini akibat sentimen negatif dari peringatan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengenai wabah Virus COVID-19.

WHO memperingatkan kemungkinan meningkatnya status wabah Virus COVID-19 dari epidemi menjadi pandemi alias wabah penyakit yang menyebar luas ke seluruh dunia.

“Peringatan tersebut meningkatkan kemungkinan masalah Virus Corona membesar, sehingga menambah kekhawatiran pasar pada hari ini. Rupiah dan aset berisiko lainnya bisa tertekan lagi hari ini,” ujar Ariston.

Ariston memprediksi rupiah hari ini akan bergerak di kisaran Rp13.870 per dolar AS hingga Rp13.950 per dolar AS.(ant/den/ipg)