Kamis, 28 Maret 2024

Dorong Pemulihan Ekonomi Disperindag Jatim Gelar Festival Belanja Akhir Tahun

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan

Sebagai upaya mendorong pemulihan ekonomi Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Industri Kecil Menengah (IKM) di tengah Pandemi Covid-19, Disperindag Jatim menggelar kegiatan festival belanja akhir tahun.

Festival belanja bertajuk “Bangga Buatan Indonesia Year End Sale (BBI Yes) 11.12.13 Festival” itu digelar sejak Jumat (11/12/2020) kemarin sampai besok, Minggu (13/12/2020), di Atrium Mall, Grand City, Surabaya.

Festival belanja ini sengaja digelar bersamaan momentum Year End Sale (penjualan akhir tahun yang banyak dirayakan pengguna e-commerce dengan berbelanja) untuk menyemarakkan gerakan Bangga Buatan Indonesia.

Drajat Irawan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jatim mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan percepatan pemulihan ekonomi nasional (PEN).

Selain itu, kegiatan ini terutama juga ditujukan untuk mendorong peningkatan akses pasar bagi produk UKM dan IKM di Jawa Timur yang mengalami penurunan aktivitas jual beli karena tidak bisa bertemu secara langsung (luring).

“Adanya pandemi Covid-19 dan anjuran social distancing, sedikit banyak turut andil menurunkan aktivitas jual beli UKM dan IKM. Mereka para pelaku usaha usaha ini rindu bisa bertemu langsung dengan buyer,” ujarnya.

Kegiatan BBI Yes 11.12.13 Festival itu, menurutnya, untuk mengobati kerinduan pelaku UKM dan IKM bertemu langsung dengan para pembeli dengan sejumlah promosi yang diharapkan mampu meningkatkan penjualan.

Tidak hanya untuk pemulihan ekonomi, kegiatan ini juga diharapkan menjadi ajang edukasi bagi masyarakat tentang produk lokal Jawa Timur dan meningkatkan rasa bangga mereka terhadap produk buatan dalam negeri.

Sejumlah asosiasi pelaku usaha dan komunitas usaha di Jatim turut serta memamerkan produk unggulan mereka. Baik fashion, aksesoris, craft (kerajinan tangan), makanan dan minuman (mamin), juga kosmetik.

Menariknya, di acara ini pembeli akan mendapat satu voucher vallet parkir gratis dan satu voucher belanja senilai Rp25.000 untuk belanja di Booth Galeri Produk Unggulan Jawa Timur dengan transaksi minimal Rp50.000.

Kikis Rochana Handayani pelaku IKM asal Gresik dengan produk unggulan Mie Ikan Bandeng (Hokky Noodles) mengikuti Gelaran BBI Yes 11.12.13 Festival ini. Dia bilang, kegiatan ini jadi ajang pengenalan produknya.

“Terima kasih Pemprov Jatim, khususnya Disperindag Jatim yang sudah memfasilitasi kami mengikuti kegiatan ini. Kami bisa mengenalkan produk kepada masyarakat lebih luas,” katanya.

Kikis memanfaatkan potensi Bandeng Gresik yang melimpah sebagai bahan baku pembuatan produk inovasinya, yaitu Mie Bandeng. Dia bilang, di hari kedua khususnya saat momentum 12.12, jumlah pengunjung yang datang meningkat.

“Harapan saya, lewat kegiatan ini, makin banyak masyarakat yang tahu bahwa ada produk inovasi kami, Mie Bandeng. Sehingga ke depan akan ada peningkatan penjualan,” ujarnya.

Drajat Irawan memastikan, kegiatan di Grand City ini berlangsung dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.(den/dfn)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
27o
Kurs