Jumat, 19 April 2024

Facebook-Pahlawan Ekonomi Dukung Literasi Keuangan Perempuan Wirausaha Surabaya

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Webinar peluncuruan program literasi keuangan Facebook dengan Pahlawan Ekonomi yang diikuti Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya, Minggu (26/7/2020). Foto: Humas Pemprov Jatim

Facebook bekerja sama dengan Pahlawan Ekonomi (PE) meluncurkan program Literasi Keuangan, Minggu (26/07/2020), sebagai bagian dari program #SheMeansBusiness untuk memberdayakan lebih dari 300 perempuan wirausaha di Surabaya.

Program #SheMeansBusiness adalah komitmen jangka panjang Facebook untuk mendukung perempuan wirausaha menjajaki ekonomi digital melalui serangkaian pelatihan teknis di bidang digital. Pelatihan literasi keuangan yang terbaru.

Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya hadir dalam peluncuran program itu. Rismayang sudah dua kali mengunjungi Kantor Pusat Facebook di Menlo Park itu berpendapat, masih banyak komunitas ibu-ibu UMKM Pahlawan Ekonomi yang butuh akses layanan keuangan.

Padahal, produk yang sudah mereka buat dan pasarkan saat ini, kata dia, sudah layak dan sudah ditunjang dengan pemasaran digital. Karenanya halangan seperti akses keuangan tersebut harus diatasi bersama-sama.

“Saya mendukung inisiatif Facebook mengembangkan program #SheMeansBusiness menambahkan aspek literasi keuangan. Saya bersyukur melihat Facebook yang terus mengembangkan kerja sama dengan Pahlawan Ekonomi untuk memberdayakan kaum perempuan di Surabaya menjadi wirausaha tangguh dan dapat menghidupkan mesin ekonomi dalam keluarga masing-masing,” kata Risma.

Risma menilai, literasi keuangan ini sangat penting agar pelaku usaha bisa survive dalam kondisi apapun. “Yang harus dicatat, di dunia ini yang langgeng adalah perubahan. Karena itu, kita harus kerja keras agar bisa bertahan di tengah perubahan yang tak pernah kita bayangkan,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Risma juga secara khusus turut belajar mengenai literasi keuangan. “Saya tak bisa ikut acara ini sampai tuntas. Tapi saya minta rekamannya, ya. Karena literasi keuangan itu baik untuk siapapun,” kata wali kota perempuan pertama di Surabaya itu.

Kurikulum literasi keuangan dalam program #SheMeansBusiness ini didesain untuk mendukung kelangsungan bisnis para perempuan wirausaha, terutama di dalam situasi dan tantangan pada masa kini.

Kurikulum ini terdiri dari sepuluh modul membahas manajemen bisnis, dilengkapi studi kasus dan lembar kerja. Modul itu adalah: Tujuan Keuangan, Kesehatan Keuangan Pribadi, Kesehatan Keuangan Bisnis, Catatan Keuangan, Laporan Keuangan, Biaya dan Harga, Rencana Bisnis, Pendanaan Bisnis, Jasa Keuangan, dan Manajemen Krisis.

Pieter Lydian Country Director Facebook Indonesia menegaskan, Facebook menjadi bagian dari bisnis kecil dan menengah. Maka, pihaknya terus mendengar masukan mereka dan membangun apa yang mereka butuhkan.

Termasuk kebutuhan untuk mengasah kemampuan dalam hal manajemen bisnis dan keuangan.

“Pelatihan literasi keuangan dalam program #SheMeansBusiness bertujuan untuk membangun kemampuan manajemen bisnis dan literasi keuangan untuk perempuan wirausaha di Surabaya, dan membekali mereka dengan pengetahuan yang dibutuhkan untuk bertahan di situasi yang dinamis ini. Kami sangat senang dapat melanjutkan program ini bersama dengan Pahlawan Ekonomi,” ujarnya.

Pelatihan literasi keuangan dari program #SheMeansBusiness akan dilakukan melalui webinar menggunakan modul-modul itu, dan bimbingan kelompok sebagai tindak lanjut dan pendampingan setelah mengikut webinar. Modul pelatihan tersedia untuk umum.

Program #SheMeansBusiness dari Facebook ini diluncurkan di Indonesia pada 2016. Pada semester pertama tahun 2020 ini saja, Facebook telah menyelenggarakan 50 kelas pelatihan secara online yang dihadiri 34,519 wirausaha. (den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
26o
Kurs