Selasa, 28 September 2021

Kadin: Hari Buruh Momen Persiapkan Lapangan Kerja Pasca-Covid-19

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Ratusan ribu buruh memadati Gelora Bung Karno dalam perayaan Hari Buruh Internasional (May Day), Jumat (1/5/2015).
(Foto: Faiz suarasurabaya.net)

Sarman Simanjorang Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Kadin DKI Jakarta menilai Hari Buruh yang diperingati ada 1 Mei ini, menjadi momentum bagi pemerintah dan dunia usaha untuk segera mengevaluasi dan mempersiapkan lapangan pekerjaan setelah pandemi Covid-19 berakhir.

“Ini menjadi tantangan kita ke depan setelah Covid-19 ini berakhir, bagaimana pemerintah dan dunia usaha mampu menyediakan lapangan pekerjaan,” kata Sarman saat dihubungi Antara di Jakarta, Jumat (1/5/2020).

Menurut Sarman, perayaan Hari Buruh ini menjadi pengingat untuk melakukan introspeksi dan evaluasi atas kondisi yang dialami para pekerja di tengah pandemi Covid-19 yang memukul dunia usaha.

Pemberlakuan kebijakan “Work from Home” dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 ini, praktis menyebabkan roda perekonomian stagnan.

Dampaknya, berbagai sektor usaha dari perdagangan, layanan dan jasa, hingga manufaktur terimbas dari kebijakan tersebut yang juga diterapkan di hampir seluruh negara.

Sarman menyebutkan data terakhir dari Kementerian Ketenagakerjaan, jumlah pemutusan hubungan kerja (PHK) selama pandemi Covid-19 ini sudah mencapai 2,8 juta orang, dan berpotensi semakin bertambah.

“Padahal, jumlah pengangguran kita saat ini masih ada sekitar 7 juta orang dan setiap tahunnya Negara memproduksi hampir 2,5 juta tenaga kerja baru lulusan SMA, SMK, dan perguruan tinggi,” kata dia.

Oleh karena itu, Pemerintah mengeluarkan solusi kebijakan untuk mengatasi pengangguran dan pekerja terdampak PHK, yakni melalui Program Kartu Prakerja. Program ini selain untuk mendapatkan pelatihan dan meningkatkan kompetensi, juga memberikan bantuan sosial untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari.

Namun demikian, prosedur pelaksanaan Kartu Prakerja diharapkan tidak berbelit-belit, serta jumlah penerima dapat ditambah, mengingat imbas dan dampak pandemi Covid-19 ini yang begitu besar.

“Momentum Hari Buruh tahun ini kita berharap Serikat Pekerja/Buruh dapat melakukan evaluasi akan program dan langkah yang bisa diberikan dalam membantu pemerintah menciptakan lapangan kerja paska Covid-19,” kata Sarman.(ant/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Mobil Terperosok di depan RSAL dr Ramelan A.Yani

Antre Vaksin di T2 Juanda

Kebakaran Lahan Kosong Darmo Permai

Surabaya
Selasa, 28 September 2021
32o
Kurs