Sabtu, 20 April 2024

Pemkot Kediri Bekali Pemilik UMKM Pelatihan Foto Dengan Telepon Seluler

Laporan oleh Achmad Zainal Alim
Bagikan
Kegiatan pelatihan foto yang digelar di Kediri, Jawa Timur. Foto: ANTARA Jatim/Istimewa

Pemkot Kediri, Jawa Timur, membekali pemilik UMKM di Kota Kediri dengan pelatihan foto menggunakan telepon seluler, yang bisa membantu mendukung promosi produk jualan mereka.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Kediri Nur Muhyar, Sabtu, mengemukakan kegiatan pelatihan ini sangat penting untuk pemilik UMKM.

“Kami merekrut peserta berdasarkan identifikasi kebutuhan riil dari pelaku UKM/IKM, dan ternyata yang berminat ikut workshop foto produk cukup banyak sehingga kami bagi dalam beberapa gelombang,” katanya di Kediri.

Disperdagin Kota Kediri, lanjut Nur Muhyar juga telah membuat berbagai macam program demi mendukung UMKM Kota Kediri tetap bertahan bahkan maju. Sejumlah program pendampingan UKM/IKM untuk go digital diselenggarakan yaitu workshop foto produk, social media marketing dan marketplace marketing bersama pihak Tokopedia.

“Kami masih punya beberapa agenda lanjutan, semisal workshop video marketing, keamanan pangan dan juga fasilitasi promosi dan pengurusan izin bagi pelaku UKM/IKM,” kata Nur Muhyar.

Perwakilan dari tim lokal Tokopedia juga ikut serta memberikan materi dalam kegiatan pelatihan foot tersebut. Penjelasan yang diberikan kepada para peserta terkait pelaksanaan program MallUMKM Kediri Sale 2020 yang diselenggarakan atas kerjasama dari Pemkot Kediri dan Tokopedia.

Ahmad Fenduk yang merupakan narasumber lainnya juga menambahkan telepon seluler bisa menjadi media untuk membuat foto yang menarik.

“Saya memberikan materi-materi dasar mulai teknik pencahayaan, pemilihan properti pendukung hingga editing foto agar didapatkan tampilan visual yang bagus,” jelas Ahmad Fenduk, yang juga alumnus Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta jurusan Fotografi ini.(ant/lim)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
33o
Kurs