Jumat, 19 April 2024

PT PP Ajak 75 UMKM Ikut Pengadaan Barang dan Jasa

Laporan oleh Chusnul Mubasyirin
Bagikan
PT PP (Persero) mengajak 75 pelaku UMKM yang terdaftar dalam platform PaDI untuk melaksanakan pengadaan barang dan jasa di lingkungan bisnis perusahaan. Foto : Antara/HO-PT PP

PT PP (Persero), BUMN konstruksi dan investasi di Indonesia, mengajak 75 pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang terdaftar dalam platform PaDI untuk melaksanakan pengadaan barang dan jasa di lingkungan bisnis perusahaan.

PaDi UMKM merupakan sebuah platform digital yang mempertemukan UMKM dengan BUMN guna mengoptimalkan, mempercepat dan mendorong efisiensi transaksi belanja BUMN pada UMKM, serta memperluas dan mempermudah UMKM mendapatkan akses pembiayaan.

“Kegiatan usaha UMKM yang terlibat dalam bisnis perusahaan, antara lain meliputi bidang pengadaan dan sewa peralatan dan mesin, material konstruksi, jasa ekspedisi, tenaga kerja, serta akomodasi,” kata Novel Arsyad Direktur Utama PT PP (Persero) dalam keterangan tertulis yang diterima Antara di Jakarta, Selasa (11/8/2020).

Dikatakan Novel, UMKM merupakan sektor yang memegang peranan penting bagi perekonomian Indonesia dan berharap perusahaan selaku BUMN senantiasa dapat terus berpartisipasi dalam memajukan UMKM yang berada di seluruh wilayah Indonesia.

Selain itu, dengan digalakkannya program UMKM oleh perusahaan BUMN dapat mewujudkan kerjasama yang saling menguntungkan antara para pihak guna meningkatkan nilai tambah bagi perusahaan-perusahaan BUMN.

Melalui platform PaDi UMKM, katanya, BUMN dapat melakukan belanja secara digital sehingga lebih cepat, transparan dan meningkatkan efisiensi.

Tidak hanya di lingkungan bisnis perusahaan, PT PP juga aktif memberikan bantuan dan pembinaan kepada pelaku UMKM melalui program kemitraan yang diberikan kepada mitra binaan para petani tebu.

Perseroan telah memberikan bantuan berupa pinjaman modal kepada 36 mitra binaan yang berada di lingkungan PT Perkebunan Nusantara X (PTPN X) di daerah Tulungagung dan Kediri, Jawa Timur.

Selain memberikan pinjaman modal kepada petani tersebut, perseroan juga rutin memberikan pelatihan kepada para petani untuk memperkuat kompetensi petani muda.

Perusahaan, kata Novel, sebelumnya bersama dengan delapan BUMN lainnya telah melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman bersama terkait pengembangan ekosistem pasar digital UMKM pada bulan Juni lalu.

Delapan BUMN itu adalah PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, PT Pertamina (Persero), PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Pegadaian, PT Permodalan Nasional Madani (Persero), PT Waskita Karya (Persero), PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, dan PT Pupuk Indonesia (Persero).

Prosesi penandatanganan Nota Kesepahaman dalam acara tersebut begitu berbeda dan merupakan hal yang baru, yaitu penandatanganan dilakukan secara digital.

Penandatanganan secara digital tersebut sudah sah secara hukum karena difasilitasi oleh penyedia yang telah memiliki lisensi. (ant/cus/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
26o
Kurs