Sabtu, 20 April 2024
Advertorial

Bamsoet Beri Hadiah Motor Listrik BS Elektrik kepada Juara Pertama Puteri Otonomi Daerah 2021

Laporan oleh Tim Redaksi
Bagikan

Bambang Soesatyo Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) memberikan hadiah 1 unit sepeda motor listrik Bike Smart Elektrik (BS Elektrik) kepada Mega Diana Zam Zam Juara Pertama Puteri Otonomi Daerah 2021 dari Kabupaten Tanggamus, Lampung.

Pria yang karib disapa Bamsoet itu sekaligus menantang kelima finalis Puteri Otonomi Daerah (POD) 2021 untuk mengkampanyekan percepatan migrasi kendaraan konvensional berbahan bakar minyak ke bermotor listrik, mengingat era transportasi kendaraan listrik di berbagai negara dunia semakin menggeliat.

“Berbagai produsen otomotif juga sudah mulai bergerak ke sana. Perusahaan motor gede asal Amerika, Harley-Davidson, sudah mengeluarkan motor listrik LiveWire. Bahkan perusahaan telekomunikasi Blackberry, sedang bersiap memproduksi kendaraan listrik, bekerja sama dengan Damon Motorcycles menghasilkan motor listrik Hypersport Pro Electric Superbike,” ujarnya.

Indonesia, kata Bamsoet, tidak boleh sekadar menjadi pasar. Dia berharap Indonesia bisa mengambil bagian dalam memproduksi dan mengembangkan kendaraan listrik, khususnya untuk segmen motor listrik.

“Kehadiran motor BS Elektrik yang dipelopori oleh IMI saya harap bisa menjadi pemantik menyemarakan gairah industri kendaraan listrik di Indonesia,” ujar Bamsoet usai seremoni penyerahan motor listrik di Kantor IMI Pusat, Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (29/10/21).

Turut hadir para finalis Puteri Otonomi Daerah (POD) 2021, antara lain Putri Artita Runner Up 1 POD 2021 dari Kabupaten Berau, Devi Purnamasari Runner Up 2 POD 2021 dari Kabupaten Bogor, Jelita Gabriela Runner Up 3 POD 2021 dari Kabupaten Musi, Banyuasin, serta Tabitha Vivi Wijayanti Putri Otonomi Daerah 2019.

Bamsoet-Beri-Motor-Listrik
Bambang Soesatyo Ketua IMI memberikan hadiah motor listrik kepada Juara Pertama Puteri Otonomi Daerah 2021. Foto: Istimewa

Ketua DPR RI ke-20 itu menjelaskan, tidak hanya motor listrik, transportasi dunia juga sudah diramaikan oleh mobil listrik. Perusahaan teknologi seperti Apple akan menjadikan tahun 2024 sebagai tahun debut mereka memproduksi mobil listrik.

Apple akan bersaing dengan Tesla, serta berbagai prototype mobil listrik yang sudah dan akan dikeluarkan oleh berbagai pelaku industri otomotif, seperti Lucid Air (2021), Audi E-Tron GT (2021), BMW i4 (2022).

Mercedes-Benz yang juga berencana meluncurkan enam model sedan bertenaga baterai pada tahun 2022. Volkswagen (VW) pun tak mau ketinggalan, mereka telah memulai mobil listrik SUV, ID.4.

“Bahkan General Motors memastikan akan mengakhiri produksi semua mobil, truk, dan SUV bertenaga diesel dan bensin pada 2035, dan mengalihkan seluruh kendaraan produksinya ke tenaga listrik. Mereka sudah siapkan investasi 27 miliar Dolar AS untuk memproduksi 30 jenis mobil listrik, yang akan mulai dirilis ke publik 2025,” ujarnya.

Kepala Badan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan KADIN Indonesia ini mengungkapkan, per Agustus 2021, jumlah kendaraan bermotor listrik di Indonesia sudah mencapai 1.478 untuk roda empat, 188 untuk roda tiga, dan 7.526 unit untuk roda dua.

Sedangkan jumlah mobil listrik yang sudah mengaspal di seluruh dunia secara keseluruhan pada 2021 ini diperkirakan mencapai 11,2 juta unit. Badan Energi Internasional memprediksi jumlahnya akan terus meningkat mencapai 145 juta unit pada 2030 mendatang.

Bamsoet juga menjelaskan, dalam road map pengembangan kendaraan listrik di Indonesia, produksi mobil listrik ditargetkan mencapai 400.000 unit per tahun pada 2025 dan meningkat hingga 600.000 unit per tahun pada 2030.

Sedangkan produksi sepeda motor listrik ditargetkan mencapai 1 juta unit pada 2035. Sedangkan produksi sepeda motor listrik diproyeksikan mencapai 1,76 juta unit per tahun pada 2025, kemudian 3,22 juta unit per tahun pada 2035.

“Diharapkan, ini bisa menurunkan emisi gas buang 4,6 juta ton karbondioksida (CO2) dari kendaraan roda empat dan 1,4 juta ton CO2 dari roda dua,” kata Bamsoet. (adv)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
30o
Kurs