Kamis, 18 April 2024

BI Mencatat Neraca Pembayaran RI Triwulan II-2021 Defisit 0,4 Miliar Dolar AS

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Logo Bank Indonesia (BI). Foto: Antara

Bank Indonesia (BI) mencatat Neraca Pembayaran Indonesia (NPI) pada triwulan II 2021 mengalami defisit sebesar 0,4 miliar dolar AS, ditopang oleh defisit transaksi berjalan yang tetap rendah dan surplus transaksi modal dan finansial yang berlanjut.

“NPI pada triwulan II 2021 tetap baik, sehingga mendukung ketahanan eksternal,” kata Erwin Haryono Kepala Departemen Komunikasi BI dalam keterangan resmi dikutip Antara, Jumat (20/8/2021).

Dengan perkembangan tersebut maka posisi cadangan devisa pada akhir Juni 2021 mencapai 137,1 miliar dolar AS atau relatif sama dibandingkan posisi pada akhir Maret 2021.

Posisi cadangan devisa ini setara dengan pembiayaan 8,8 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah serta berada di atas standar kecukupan internasional.

Sementara itu, defisit transaksi berjalan pada triwulan II-2021 tetap rendah meski meningkat sejalan dengan berlanjutnya perbaikan ekonomi domestik.

Transaksi berjalan pada periode laporan mencatat defisit sebesar 2,2 miliar dolar AS atau 0,8 persen dari PDB yang meningkat dibandingkan dengan defisit sebesar 1,1 miliar dolar AS atau 0,4 persen dari PDB pada triwulan sebelumnya.

Perkembangan ini dipengaruhi peningkatan surplus neraca barang serta didukung kenaikan ekspor seiring peningkatan permintaan negara mitra dagang utama dan harga komoditas dunia di tengah kenaikan impor sejalan berlanjutnya perbaikan ekonomi domestik.

Kemudian, untuk defisit neraca pendapatan primer mengalami peningkatan akibat kenaikan pembayaran imbal hasil investasi berupa dividen seiring perbaikan kinerja korporasi pada periode laporan.

Defisit neraca jasa juga meningkat antara lain disebabkan oleh defisit jasa transportasi yang melebar akibat peningkatan pembayaran jasa freight impor barang.

Untuk transaksi modal dan finansial pada triwulan II-2021 kembali tercatat surplus yang ditopang oleh investasi langsung dan investasi portofolio yaitu sebesar 1,9 miliar dolar AS atau 0,7 persen dari PDB.

Capaian ini melanjutkan surplus pada triwulan sebelumnya yang sebesar 5,5 miliar dolar AS atau 2 persen dari PDB.

Surplus tersebut ditopang oleh aliran masuk neto atau net inflows investasi langsung yang meningkat menjadi sebesar 5,3 miliar dolar AS terutama dalam bentuk modal ekuitas sejalan dengan prospek perekonomian domestik yang membaik.

Net inflows investasi portofolio tetap terjaga sebesar 4,4 miliar dolar AS meski sedikit turun dari 4,9 miliar dolar AS pada triwulan sebelumnya sejalan dengan ketidakpastian pasar keuangan global yang masih berlangsung.

Untuk transaksi investasi lainnya mengalami peningkatan defisit antara lain disebabkan oleh kenaikan pembayaran pinjaman luar negeri yang jatuh tempo.

Bank Indonesia memastikan akan senantiasa mencermati dinamika perekonomian global yang dapat mempengaruhi prospek NPI dan memperkuat bauran kebijakan guna menjaga stabilitas perekonomian.

Bank Indonesia juga akan terus melanjutkan koordinasi kebijakan dengan pemerintah dan otoritas terkait guna memperkuat ketahanan sektor eksternal.(ant/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 18 April 2024
32o
Kurs