Jumat, 26 Februari 2021

Dekopin Gerakkan Koperasi ke Sektor Riil di Tengah Pandemi Covid-19

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Sri Untari Ketua Dekopin saat menerima penghargaan di Jakarta karena Kopmen SBW Malang yang dia pimpin termasuk dalam 100 koperasi besar Indonesia. Foto: Istimewa

Di tengah pandemi Covid-19 yang belum berakhir, Dewan Koperasi Nasional (Dekopin) mengajak koperasi di Indonesia berkolaborasi untuk tumbuh dan besar bersama dengan bergerak ke sektor riil.

Sri Untari Bisowarno Ketua Umum Dekopin bilang, pandemi Covid-19 dan upaya semua pihak untuk memulihkan ekonomi dampak pandemi ini jadi momentum yang tepat bagi koperasi bergerak ke arah itu.

“Saya kira ini momentum yang tepat untuk mengajak semua teman-teman koperasi besar menggerakkan koperasinya pada sektor riil. Di situ sudah bicara digitalisasi dan transformasi koperasi,” ujarnya.

Dia sampaikan itu saat menghadiri peluncuran Buku dan Award (penghargaan) 100 Koperasi Besar Indonesia di Gedung Smesco Indonesia di Jakarta, Selasa (23/2/2021).

“Melalui forum koperasi besar Indonesia ini kami harap koperasi-koperasi besar ini membina koperasi lainnya agar ikut tumbuh bersama. Saatnya kita kolaborasi supaya semuanya bisa besar,” katanya.

Perempuan yang juga Ketua Umum Kopmen SBW Malang itu menghadiri kegiatan tersebut karena koperasi yang dia pimpin termasuk di antara 100 koperasi besar yang dapat penghargaan.

Teten Masduki Menteri Koperasi dan UMKM, Ahmad Zabadi Deputi Bidang Perkoperasian, Prof Sri Edi Swasono Idiolog dan Senior Koperasi Indonesia menghadiri acara yang digelar Majalah Peluang itu.

Untari menjelaskan, Kopmen SBW Malang yang kini punya 10 ribu anggota itu mampu bertahan di tengah pandemi. Sisa hasil usaha (SHU) dan asetnya meningkat meski keadaan ekonomi sedang terpuruk.

“Asetnya Rp112 miliar dan omzetnya Rp130 miliar. Alhamdulillah, di masa pandemi ini aset justru naik, SHU naik, tabungan naik. Hanya omzetnya agak turun karena memang kami tahan untuk tidak kami lepas,” ujarnya.

Untari bilang, selama pandemi Dekopin terus melakukan kegiatan. Menurutnya, sebagai organisasi induk koperasi, Dekopin tidak boleh tidur. Apalagi sekarang sedang menyiapkan koperasi milenial.

“Sejak Munas Makassar sampai sekarang Dekopin terus melakukan kegiatan webinar. Kami sedang siapkan koperasi milenial. Masih proses sertifikasi BNSP,” jelas Untari yang juga Sekretaris DPD PDIP Jatim ini.(den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Tabrak Warung di Sidoarjo

Truk Terguling di Prigen

Terguling dan Muatannya Tumpah

Mobil Masuk Sungai di Jemursari

Surabaya
Jumat, 26 Februari 2021
24o
Kurs