Jumat, 1 Maret 2024

Harga Cabai di Pasar Surabaya Tembus Rp100 Ribu

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Ilustrasi pedagang cabai. Foto: Abidin/Dok. suarasurabaya.net

Harga cabai rawit di sejumlah pasar di Kota Surabaya terus meroket. Harganya mahal, barang juga terbatas.

Muhammad Imron salah seorang pedagang di Pasar Genteng mengaku, harga cabai rawit tembus Rp100 ribu sampai Rp110 ribu. Kenaikan harga cabai rawit sudah sejak sepekan lalu.

“Sejak minggu lalu dari Rp80.000, sekarang Rp100.000. Kalau normal waktu musim panen baik, bisa murah Rp30.000, umum-umumnya aja,” kata Imron, Senin (22/2/2021).

Imron mengaku tidak tahu persis faktor yang menjadi penyebab cabai rawit mahal. “Bisa jadi karena cuaca atau cabainya nggak sebanyak dulu, karena banyak daerah banjir,” katanya.

Imron tidak menampik kalau para pembeli mengeluh komplain setiap membeli cabai rawit karena harganya selangit. “Pembeli ngeluh kaget harga cabainya mahal,” katanya.

Kenaikan harga cabai rawit ini kata Imron juga diikuti naiknya harga cabai jenis lain. Misalnya cabai merah naik menjadi Rp50.000 dari harga sebelumnya Rp40.000.

Sementara di Pasar Pagesangan, Sadiyah salah seorang pedagang bumbu mengaku, hanya bisa membeli hingga 15 kilogram saja dalam satu kali kulak dagangan cabai rawit. Padahal, sebelum-sebelumnya ia bisa kulak cabai rawit hingga 30 kilogram.

“Saat sebelum Covid-19 itu saya bisa kulak sampai 30 kilogram, sekarang karena harga mahal barangnya terbatas,” ujarnya.

Menurut dia, harga cabai rawit mulai merangkak naik di awal tahun 2021. Para pembeli juga merasa terbebani dengan harga cabai yang mahal itu. Meskipun cabai tetap menjadi kebutuhan dasar ibu rumah tangga di sekitar Pasar Pagesangan.

Alimin pedagang cabai yang juga di Pasar Pagesangan mengatakan, harga cabai sudah naik sejak Januari 2021 lalu. Menurutnya, harga cabai meningkat dua kali lipat dari harga normal.

“Sekarang harganya Rp90.000 per Kilogram, sebelumnya itu lebih murah sedikit, Rp80.000,” katanya.

Menurutnya, kenaikan harga cabai ini terjadi pada seluruh jenis cabai, mulai dari cabai rawit, besar, sampai cabai keriting.

Adapun sesuai data dari Sistem Informasi Ketersediaan Perkembangan Bahan Pokok Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Siskaperbapo Disperindag) Jatim, harga cabai rawit mencapai Rp72.104 per Kilogram, cabai merah besar keriting Rp48.528 per kilogram, dan cabai merah besar biasa Rp32.953 per kilogram. (bid/tin/lim)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Surabaya
Jumat, 1 Maret 2024
32o
Kurs