Jumat, 29 Maret 2024

IPCM Tandatangani MoU Penyediaan dan Layanan Kapal dengan PT Pelindo Marine Service

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Umar Direktur Pelindo Marines, (kiri) bersama Amri Yusuf Direktur Utama Jasa Armada Indonesia (IPCM) menandatangani Nota Kesepahaman di Surabaya, Kamis (9/9/2021) Foto : Istimewa.

Amri Yusuf Direktur Utama PT Jasa Armada Indonesia Tbk. IPCM, dan Umar Direktur Utama Pelindo Marines, menandatangani Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding) mengenai Penyiapan Rencana Kerjasama dalam Kegiatan Penyediaan dan Pelayanan Kapal, di Kantor Pusat Kawasan Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Kamis (9/9/2021).

Ruang lingkup pada Nota Kesepahaman ini meliputi inventarisasi terhadap potensi yang dimiliki oleh masing-masing pihak. Selain itu, akan dilakukan sejumlah kajian yang berkaitan dengan kerjasama, baik dari aspek finansial; teknis; komersial; hukum dan aspek lainnya. Penandatanganan Nota Kesepahaman bertujuan untuk menjalin sinergi positif kedua belah pihak dalam memberikan kontribusi pelayanan kapal yang optimal.

“IPCM dan Pelindo Marines sebagai anak usaha BUMN yang bergerak di area bisnis yang sama akan memiliki sinergi yang saling melengkapi. Secara teknis implementasi kerjasama ini akan mengambil beberapa bentuk seperti knowledge sharing, layanan kapal dan perluasan pasar. Sebagai bagian dari keluarga besar Pelindo, kami berkepentingan untuk ikut mensukseskan rencana besar integrasi Pelindo. Prinsip sinergi yang kami bangun adalah prinsip tumbuh bersama menjadi bagian untuk mewujudkan dan memperkuat ekosistem logistik nasional” ujar Amri Yusuf saat berkunjung ke Kantor Pelindo Marines.

Penandatanganan MoU dilanjutkan dengan rangkaian kunjungan lapangan ke area Fasilitas Pemeliharaan dan Perbaikan Kapal (Fasharkan) Pelindo Marines.

Pelindo Marines merupakan anak usaha Pelindo III yang bergerak di bidang pelayanan penundaan kapal, operator kapal pandu, dan fasilitas pemeliharan dan perbaikan kapal.

Dengan jenis pelayanan yang beragam, saat ini Pelindo Marines tak hanya beroperasi di wilayah kerja Pelindo III, namun mulai perluasan pasar hingga ke Sangatta, perairan Madura, dan perairan internasional Selat Malaka.

“Kami siap memberi dukungan penuh pada proses sinergi yang akan dilakukan bersama dengan IPCM. Kerja sama ini akan meningkatkan kolaborasi kompetensi dan tukar pengalaman masing-masing, sehingga diharapkan dapat meningkatkan perluasan pasar bersama dengan efisien, serta memberikan nilai tambah pada pelayanan ke pengguna jasa marine,” kata Umar.

Umar juga menambahkan, bahwa kedua perusahaan akan mempersiapkan perangkat hukum yang diperlukan atas pelaksanaan kerja sama tersebut. “Setiap langkah dalam proses sinergi diharapkan berjalan sesuai kepatuhan pada regulasi terkait dan prinsip Tata Kelola Perusahaan Yang Baik,” tambahnya.

Ditandatanganinya MoU ini, lanjut Umar menjadi momentum awal sinergi dua perusahaan layanan marine dan juga sebagai bentuk dukungan terhadap program Pemerintah Kementerian BUMN yaitu Pelindo Bersatu. Harapan ke depan, kolaborasi IPCM dan Pelindo Marines dapat memperkuat dan meningkatkan nilai tambah di bidang logistik maritim Indonesia.(man/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs