Jumat, 19 April 2024

KA Lokal Walahar dan Jatiluhur Kembali Beroperasi

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
KA Lokal Walahar dan Jatiluhur. Foto: Istimewa

Setelah berhenti beroperasi pada masa larangan Mudik 6 sampai 17 Mei 2021, mulai Selasa, (18/5/2021) PT KAI (Persero) Daop 1 Jakarta kembali mengoperasikan Kereta Api (KA) Lokal Walahar dan Jatiluhur untuk melayani masyarakat yang akan berpergian.

Eva Chairunisa Kahumas KAI Daops 1 Jakarta mengatakan, pengoperasian kembali KA Lokal Walahar dan Jatiluhur ini bersamaan dengan KA Lokal Merak yang kembali beroperasi melayani calon penumpang dari Stasiun Rangkasbitung tujuan Stasiun Merak (PP).

“KA Lokal Walahar melayani penumpang dari Stasiun Cikarang menuju Purwakarta, pulang pergi (PP) dengan tarif Rp4.000 (empat ribu rupiah). Sebelumnya, pada masa normal sebelum pandemi KA Lokal Walahar memiliki relasi Stasiun Tanjung Priok-Purwakarta PP,” ujar Eva dalam keterangannya, Selasa (18/5/2021).

Untuk saat ini, kata dia, terdapat lima perjalanan (PP) KA Lokal Walahar yang berangkat dari Stasiun Cikarang melewati dan melayani naik-turun penumpang di Stasiun Lemahabang, Kedunggedeh, Karawang, Klari, Kosambi, Dawuan, Cikampek, Cibungur, dan berakhir di Stasiun Purwakarta. Sedangkan untuk KA Lokal Jatiluhur relasi Stasiun Cikampek-Cikarang hanya melayani 1 perjalanan (PP) dengan tarif Rp3.000 (tiga ribu rupiah).

Menurut Eva, pengoperasian kembali KA Lokal ini tetap diikuti dengan protokol pencegahan penyebaran Covid-19 yang diterapkan, salah satunya dengan memberlakukan okupansi hanya 70 persen dari okupansi yang diizinkan pada saat normalnya sebanyak 150 persen untuk volume penumpang.

“Masyarakat yang ingin menggunakan layanan KA Lokal Walahar dapat melakukan pemesanan tiket melalui Aplikasi KAI Access H-7 sebelum keberangkatan. Layanan loket di stasiun hanya melayani pembelian tiket KA go show 3 jam sebelum jadwal KA berangkat,” jelasnya.

Berikut jadwal keberangkatan KA Lokal Walahar:
Stasiun Cikarang: 05.45 WIB, 07.00 WIB, 11.20 WIB, 15.35 WIB, 18.37 WIB
Stasiun Purwakarta: 05.05 WIB, 09.00 WIB, 13.10 WIB, 14.45 WIB, 17.45 WIB

Berikut jadwal keberangkatan KA Lokal Jatiluhur:
Stasiun Cikampek: 04.30 WIB
Stasiun Cikarang: 20.14 WIB

Adapun ketentuan yang wajib dipenuhi oleh calon penumpang atau masyarakat yang akan naik KA Lokal adalah:
– Calon penumpang dalam kondisi sehat, tidak menderita flu, pilek, batuk dan demam.
– Calon penumpang wajib menggunakan masker
– Suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celcius

Masyarakat juga diimbau untuk menggunakan baju lengan panjang saat melakukan perjalanan menggunakan transportasi KA.(faz/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
32o
Kurs