Senin, 25 Oktober 2021

Milenial Dominasi Angkatan Pencari Kerja, Apindo Cari Cara Agar Bisa Terserap

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ilustrasi. generasi milenial

Dwi Ken Hendrawanto Sekretaris Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Jawa Timur mengatakan, komposisi angkatan pencari kerja di Indonesia saat ini sebanyak antara 60-70 persennya didominasi oleh generasi milenial.

Jumlah sebanyak itu, menurut Dwi, dibutuhkan usaha khusus agar bisa terserap di sejumlah sektor pembangunan kawasan ekonomi yang sudah disiapkan.

“Ini banyak sekali. Tinggal bagaimana menyerap ini. Memang butuh effort khusus agar bisa menyerap meskipun belum tentu semua bisa terserap, karena sebenernya dengan generasi milenial kita diuntungkan lebih banyak karena mereka lebih dinamis, kreatif dan melek IT,” kata Dwi saat mengudara di Radio Suara Surabaya, Selasa (12/10/2021).

Pihaknya pun mengaku, Apindo sebagai asosiasi pengusaha yang berperan untuk membuka lapangan pekerjaan, sudah menjalin kolaborasi dengan pemprov Jatim di berbagai sektor.

Dalam kesempatan itu pula, Dwi menuturkan, ada sejumlah kawasan ekonomi baru di Jatim yaitu di Lamongan, Tuban, dan Mojokerto yang diharapkan mampu menyerap tenaga kerja usia muda.

Sedangkan untuk pencari kerja yang belum terserap, menurutnya perlu menambah kompetensi diri dengan pengetahuan dan attitude.

“Mereka harus menambah kompetensi. Knowledge dan attitude yang harus ditambah agar tidak terpaku menunggu… menunggu… menunggu…, karena generasi milenial sebagai job seeker perlu menambah nilai lebih dari apa yang diterima di bangku pendidikan,” terangnya.

Dia pun menyampaikan optimismenya terkait potensi penyerapan tenaga kerja muda di Jatim, mengingat populasi penduduk Jatim tertinggi nomor dua di Indonesia setelah Jawa Barat.

“Ini potensi yang bisa digarap jadi lebih baik. Kalau gak digarap dengan baik akan jadi bumerang,” pungkas Dwi.(dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Muat BBM Terbakar di Tol Pandaan

Truk Terguling di Lawang Malang

Truk Terguling Menimpa Taksi di Medaeng

Surabaya
Senin, 25 Oktober 2021
34o
Kurs