Senin, 6 Mei 2024

Para Perempuan Pemilik Bisnis Online WOSCA Saling Dukung di Tengah Pandemi

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Anggota Woman Online Community Indonesia (WOSCA) mengikuti workshop secara daring. Foto: Manda Roosa suarasurabaya,net

Pandemi wabah Covid -19 yang masih terjadi sampai saat ini memukul berat usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Ditambah kebijakan pembatasan sosial memaksa pemilik usaha menutup toko mereka dan menghadapi penurunan omset yang begitu drastis.

Namun, pandemi tidak menyurutkan para perempuan pemilik bisnis online yang tergabung dalam Woman Online Community Indonesia (WOSCA) untuk menciptakan peluang sekaligus mengembangan jaringan.

Lilies Rolina, pendiri  dan Ketua WOSCA mengatakan, jika sebelum pandemi sering mengadakan banyak event off air, kini aktivitas dilaksanakan digelar secara online. “Kegiatan kami mulai dari workshop, mini seminar dengan mengundang para pebisnis untuk sharing  di Instagram @woscaonline,” kata Lilies.

Berbagai kegiatan yang diselenggarakan ini untuk memberikan semangat bagi pebisnis perempuan, untuk tetap kreatif dan inovatif dalam berbisnis meski dalam situasi yang sulit di masa pandemi.

Ditambah lagi, peran perempuan yang menjadi tulang punggung, akibat pemutusan kerja atau kebangkrutan bisnis para suami karena pandemi.

“Di momen ini kami berusaha merangkul para pebisnis online perempuan untuk tetap semangat, dan waras dalam menjaga perekonomian keluarga, dengan mengikuti berbagai aktivitas dan optimasi bisnis online mereka masing-masing,” jelasnya.

Lilies berharap para perempuan pebisnis ini memiliki teman dengan spirit yang sama, sehingga tetap semangat menjalankan bisnis nya dengan segala keterbatasan kondisi saat ini.

Salah satu aktivitas yang memberikan dampak besar, adalah bazar online, karena di sini anggota bisa saling support dengan membeli jualan anggota yang lainnya, serta saling mempromosikan jualan mereka masing-masing.

“Di bulan Agustus nanti kami meluncurkan program, Pendampingan Bisnis Online (PBO) yang bertujuan untuk mendampingi anggota dalam mengembangkan bisnis online mereka, dengan pendampingan intens selama dua bulan,” ungkap Lilies.

Beranggotakan kurang lebih 90 orang pebisnis perempuan. Komunitas yang terbentuk sejak tahun 2011 selain fokus membantu peningkatan skill anggotanya, WOSCA  juga memiliki kegiatan sosial seperti pembagian sembako yang dilakukan setiap bulannya. (man/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
25o
Kurs