Jumat, 19 April 2024

Pemerintah Dorong Optimalisasi PC-PEN dengan Tetap Mengedepankan Akuntabilitas

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Sri Mulyani Indrawati Menteri Keuangan menjelaskan, diantara obligor dan debitur yang dipanggil oleh Satgas, telah melakukan penagihan utang dana Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) Foto: Istimewa

Sri Mulyani Indrawati Menteri Keuangan (Menkeu) menjelaskan, pemerintah mendorong para pengelola keuangan negara baik di pemerintah pusat maupun pemerintah daerah (Pemda), untuk mengoptimalkan Program Penanganan Covid dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN) dengan tetap menjaga aspek akuntabilitas dan transparansi agar ekonomi segera bangkit dan pulih.

“Hari ini kita sudah memasuki bulan ke-9 tahun 2021, dan Covid belum selesai. Oleh karena itu tahun di 2021, bapak dan ibu di Kementerian/Lembaga (K/L) serta pimpinan pemda melihat juga bahwa APBN-nya masih bergerak. Terjadi refocusing bahkan hingga empat kali. Karena kita memang menggunakan APBN secara sangat fleksibel, responsif namun akuntabel,” ujar Sri Mulyani dalam Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Pemerintah, Selasa (14/9/2021).

Menkeu juga sekaligus menyampaikan apresiasi kepada seluruh K/L dan pemda yang terus melakukan penyesuaian anggaran guna penanganan Covid, tanpa meninggalkan integritas dan tata kelola yang baik.

“Oleh karena itu saya berterima kasih kepada bapak dan ibu sekalian yang terus menjaga keuangan negara untuk menghadapi situasi yang terus akan berubah. Belajar dari tahun 2020 kita akan mengelola tahun 2021, InsyaAllah dengan lebih baik meskipun kondisi dan situasinya tidak selalu lebih mudah,” jelasnya.

Dia berharap APBN dan APBD bisa menjadi motor penggerak untuk memulihkan ekonomi. Menkeu menyampaikan penghargaan kepada seluruh menteri dan pimpinan lembaga serta pimpinan pemda yang telah menjadi partner bagi Kementerian Keuangan untuk terus menjaga tata kelola keuangan negara. Menurut dia, ini adalah bagian dari tugas bersama untuk menjaga kepercayaan publik.

Kata Sri Mulyani, segala kebijakan pemerintah dalam hal pengalokasian dan penggunaan anggaran guna penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi di semua K/L dan pemda memiliki tujuan sama yaitu untuk bersama-sama menggunakan instrumen keuangan negara secara fleksibel, dinamis, responsif, namun tetap akuntabel dan transparan,” tutup Menkeu.(faz/dfn/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
30o
Kurs