Selasa, 4 Oktober 2022

Pemerintah Uji Coba Pembukaan Mal di Empat Kota Pulau Jawa pada Masa PPKM Berjenjang

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
https://www.suarasurabaya.net/wp-content/uploads/2021/08/luhut.jpg

Pemerintah kembali memperpanjang Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berjenjang di Pulau Jawa dan Bali mulai tanggal 10-16 Agustus 2021.

Pada masa PPKM Berjenjang kali ini, pemerintah melakukan uji coba pembukaan pusat perbelanjaan/mal di sejumlah kota, di antaranya Jakarta, Bandung, Semarang dan Surabaya.

Dalam konferensi pers virtual, malam hari ini, Senin (9/8/2021), Luhut Binsar Pandjaitan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi mengatakan, uji coba pembukaan mal akan berlangsung sepekan, dengan sejumlah persyaratan.

Persyaratan yang mengacu pada protokol kesehatan, antara lain jumlah pengunjung dibatasi 25 persen dari kapasitas maksimal.

“Kapasitas 25 persen selama seminggu ke depan dengan protokol kesehatan yang ketat,” ujar Luhut.

Kemudian, yang boleh masuk mal cuma mereka yang sudah mendapat suntikan vaksin Covid-19.

Dalam pelaksanaannya, pengunjung mal perlu menunjukkan bukti sudah vaksinasi lewat aplikasi PeduliLindungi.

Dengan berlakunya vaksinasi sebagai ‘tiket’ masuk mal, anak yang berusia kurang dari 12 tahun, dan kelompok lanjut usia di atas 70 tahun untuk sementara waktu tidak bisa berkunjung ke mal.

Selain pusat perbelanjaan/mal, pada PPKM Berjenjang kali ini pemerintah juga melakukan uji coba pembukaan sektor industri esensial yang berbasis ekspor atau penunjangnya.

Sekadar informasi, berdasarkan hasil evaluasi PPKM Berjenjang dari Level Empat, Tiga dan Level Dua tanggal 3-9 Agustus, diketahui terjadi penurunan kasus di sejumlah daerah Jawa-Bali.

Pemerintah mengklaim, ada penurunan kasus nasional sebanyak 59,6 persen dari puncak kasus tanggal 15 Juli 2021. Kemudian, ada 26 kabupaten/kota yang turun dari level empat pandemi ke level tiga.(rid/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Mobil Mogok dan Nutup Sebagian Jalur Layang Mayangkara

Truk Terguling di Raya Kedamean Gresik

Truk Mogok di Mastrip arah Kedurus

Mobil Terbalik di Merr Surabaya

Surabaya
Selasa, 4 Oktober 2022
27o
Kurs