Sabtu, 23 Oktober 2021

Pertemuan THRE3MASKADA Merintis Pemulihan Ekonomi Surabaya Raya

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
(dari kanan) Fandi Akhmad Yani Bupati Gresik, Eri Cahyadi Walikota Surabaya, Ahmad Muhdlor Ali Bupati Sidoarjo, bersama Eddy Prastyo Pemimpin Redaksi Suara Surabaya Media di kediaman Walikota Jl. Jimerto, Surabaya, Senin (6/9/2021). Foto: Istimewa

Kolaborasi Kepala Daerah Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik (Surabaya Raya) berlanjut ke arah percepatan pertumbuhan ekonomi sekaligus mengkoordinasikan penanganan pandemi Covid-19.

Ini diawali dengan pertemuan informal yang dikemas dalam makan siang dan ngopi bersama Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya, Ahmad Muhdlor Ali Bupati Sidoarjo, Fandi Akhmad Yani Bupati Gresik bersama Eddy Prastyo Pemimpin Redaksi Suara Surabaya Media di kediaman Wali Kota Jl. Jimerto, Surabaya, Senin (6/9/2021).

Dalam pertemuan itu dibahas percepatan pertumbuhan ekonomi, memanfaatkan peluang kondisi penyebaran Covid-19 yang melandai di Surabaya Raya. Satu yang menjadi atensi adalah boosting sektor Usaha Kecil Menengah (UKM).

Di antara ide yang digagas bersama adalah membentuk galeri bersama produk-produk UKM di Surabaya. Pada sisi lain, dibahas juga soal pertukaran komoditi-komoditi masing-masing daerah yang diperdagangkan dalam kerangka konsumsi aparat birokrasi antar daerah. “Misalnya, kalau ASN Surabaya butuh beras, maka kami akan menyuplai dari Gresik lewat koperasi karyawan Surabaya,” kata Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya.

Agenda lainnya adalah membentuk pelayanan satu atap ekspor komoditi lokal. Ini adalah ide dari Bupati Gresik yang dalam 6 bulan ini sukses membangun lembaga kolaboratif melibatkan OPD-OPD terkait Pemkab Gresik dengan Bea Cukai untuk meningkatkan ekspor UMKM daerah. “Usulan ini menarik untuk diterapkan di Sidoarjo,” kata Ahmad Muhdlor Ali Bupati Sidoarjo.

Ketiganya bersepakat juga untuk melakukan percepatan-percepatan ekonomi Surabaya Raya secara simultan dan kolaboratif dalam konsep bernama “Restart Now”. Konsep ini menurut Eddy Prastyo akan dituangkan dalam showcase bersama “THRE3MASKADA” yang sudah digelar pada chapter 1 Maret 2021 lalu.

“Chapter berikutnya dari THRE3MASKADA ini adalah bagaimana memanfaatkan pelandaian kasus Covid-19 untuk percepatan perbaikan ekonomi Surabaya Raya. Sudah saatnya situasi ini bukan hanya digunakan untuk memanaskan mesin, tapi juga berjalan, atau bahkan berlari,” ungkap Eddy.

Diharapkan dengan kolaborasi yang berkelanjutan ini, masyarakat Surabaya Raya bisa memanfaatkan peluang perbaikan ekonomi lebih baik, sambil tetap menjaga protokol kesehatan.(edy/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Muat BBM Terbakar di Tol Pandaan

Truk Terguling di Lawang Malang

Truk Terguling Menimpa Taksi di Medaeng

Surabaya
Sabtu, 23 Oktober 2021
28o
Kurs