Senin, 25 Oktober 2021

Produksi LRT Jabodebek Selesai, Direncanakan Beroperasi 2022

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Pelepasan trainset LRT Jabodebek oleh PT INKA, Kamis (14/10/2021). Foto: PT Inka

PT Industri Kereta Api (INKA) telah menyelesaikan  seluruh produksi Light Rail Transit (LRT) Jabodebek yang ditandai dengan pelepasan trainset ke-31 oleh Luhut Binsar Pandjaitan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) secara daring, dan Zulfikri Direktur Jenderal Kementerian Perhubungan Perhubungan di kantor pusat PT INKA (Persero) Madiun, Kamis (14/10/2021).

LRT Jabodebek dengan susunan satu trainset-nya terdiri dari enam kereta dengan empat kereta berpenggerak (motor car-M dan Motor Car dilengkapi Cabin-MC) dan dua kereta non berpenggerak (trailer car-TC), direncakan akan beroperasi pada 17 Agustus 2022.

Dalam keterangan tertulis yang diterima suarasurabaya.net, Kamis (14/10/2021), sebelum beroperasi, ada sejumlah tahapan yang harus dilalui oleh LRT, namun secara keseluruhan trainset telah dilakukan Factory Acceptance Test (FAT) di workshop PT INKA (Persero).

Pada bulan Oktober 2021 ini, ditargetkan seluruh kegiatan pengujian dinamis sarana di lintas layang Jabodebek bisa diselesaikan.

Pada tahap selanjutnya akan dilakukan uji komunikasi On Board Control Unit (OBCU) persinyalan dengan Train Control Management System (TCMS) pada  kereta yang ditargetkan selesai November 2021. Menjelang trial run akan dilakukan uji Grade of Automation (GoA) 3 yang dijadwalkan bulan Maret – Juni 2022. Trial run sendiri dijadwalkan pada bulan Juni – Agustus 2022

LRT Jabodebek ini merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) dan kontrak pengadaan LRT Jabodebek senilai Rp 3,9 triliun ini ditandatangani sejak tanggal 18 Januari 2018 antara PT INKA (Persero) dengan PT KAI (Persero).

LRT ini merupakan produk anak bangsa yang menorehkan sejarah lonjakan teknologi perkereraapian yang merupakan kancah pembuktian kemampuan engineer Indonesia dalam merancang kereta pertama yang mampu bergerak tanpa kendali masinis.(dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Muat BBM Terbakar di Tol Pandaan

Truk Terguling di Lawang Malang

Truk Terguling Menimpa Taksi di Medaeng

Surabaya
Senin, 25 Oktober 2021
34o
Kurs