Kamis, 25 April 2024

Survei BI: Sampai September, Perkembangan Harga Tetap Terkendali dan Inflasi Terjaga

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Logo Bank Indonesia. Foto: Dokumentasi BI

Survei Pemantauan Harga Bank Indonesia pada minggu ke-IV September 2021 mencatat perkembangan harga pada September 2021 tetap terkendali, dan diperkirakan deflasi 0,01 persen month to month (mtm).

Dengan perkembangan itu, perkiraan inflasi September 2021 secara tahun kalender sebesar 0,83 persen year to date (ytd) dan secara tahunan sebesar 1,63 persen year on year (yoy).

Erwin Haryono Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia menyampaikan, penyumbang utama deflasi September 2021 sampai dengan minggu keempat yaitu komoditas telur ayam ras sebesar -0,08 persen (mtm).

Selain itu bawang merah dan cabai rawit masing-masing sebesar -0,03 persen (mtm), cabai merah sebesar -0,02 persen (mtm), serta bawang putih sebesar -0,01 persen (mtm).

Sementara, beberapa komoditas mengalami inflasi, antara lain daging ayam ras dan minyak goreng masing-masing sebesar 0,03 persen (mtm), sawi hijau dan rokok kretek filter masing-masing sebesar 0,01 persen (mtm).

“Bank Indonesia akan terus memperkuat koordinasi dengan pemerintah dan otoritas terkait untuk memonitor secara cermat dinamika penyebaran Covid-19 dan dampaknya terhadap perekonomian Indonesia dari waktu ke waktu. Serta langkah-langkah koordinasi kebijakan lanjutan yang perlu ditempuh untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan, serta menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap baik dan berdaya tahan,” ujar Erwin dalam keterangannya, Sabtu (25/9/2021).

Kata Erwin, pemulihan ekonomi nasional terindikasi semakin membaik seiring keberhasilan penanganan kasus Covid-19 yang terus berlanjut hingga kuartal III.

Hal itu, menurutnya, didukung keberhasilan program vaksinasi, penerapan kebijakan pembatasan mobilitas, dan upaya penyembuhan pasien Covid-19.

Berbagai tren perkembangan positif tersebut perlu terus dipertahankan dengan menjaga optimisme publik atas perbaikan kinerja kebijakan fiskal dalam APBN.(faz/dfn/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs