Jumat, 26 April 2024

Transaksi Tokopedia E-Samsat di Jatim Meningkat 12 Kali Lipat

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Ilustrasi. Loket Pajak Tokopedia atau e-Samsat Jatim yang memudahkan pembayaran pajak kendaraan bermotor. Foto: Istimewa

Transaksi pembayaran pajak kendaraan bermotor lewat Tokopedia E-samsat meningkat tiga kali lipat di kuartal pertama 2021 dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Khusus di Jawa Timur, kenaikan transaksi pembayaran pajak lewat platform yang sama bahkan meningkat hampir 12 kali lipat.

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim mengapresiasi langkah Tokopedia menghadirkan layanan E-Samsat bagi masyarakat, khususnya di wilayah Jatim.

“Dengan adanya inovasi digital dari Tokopedia, kami harap kesadaran masyarakat bayar pajak meningkat. Karena pajak sangat penting untuk pembangunan nasional,” ujarnya, Selasa (13/7/2021).

Astri Wahyuni Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia mengatakan, Tokopedia akan mengedepankan kolaborasi dengan mitra strategis untuk mempermudah masyarakat.

“Layanan Tokopedia E-Samsat diharapkan tidak hanya dapat mampu membantu masyarakat membayar pajak, tetapi juga berkontribusi mendorong perkembangan ekonomi digital di Jatim,” ujarnya.

Melalui Tokopedia E-Samsat, wajib pajak bisa membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan mendapatkan Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran Elektrik (E-TBPKP) sah yang bisa dicetak sendiri.

Pembayaran PKB jadi lebih cepat, bisa dalam hitungan menit di mana pun dan kapan pun lewat Tokopedia. Cukup mengetik E-Samsat di kolom pencarian, pilih Samsat Jatim, masukkan Nomor Polisi, Nomor Mesin, serta NIK.

Selanjutnya, klik ‘Cek Tagihan’ dan pilih metode pembayaran yang diinginkan. Tokopedia menyediakan 50 opsi pembayaran, termasuk secara cicilan, transfer bank, uang elektronik, gerai offline seperti minimarket dan kantor pos, dan masih banyak lainnya.

Kemudahan lainnya adalah tidak adanya batas nominal transaksi tunggal sehingga berapa pun besar nilai pajak tetap bisa dibayarkan.

“Kini, layanan Tokopedia E-Samsat telah hadir di wilayah Kepulauan Riau, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur dan Sulawesi Selatan,” kata Astri. (den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
29o
Kurs